News

Peringati Hardiknas, Mahasiswa Unjuk Rasa: Aspirasi Diabaikan DPRD dan Disdik

SIANTAR, FaseBerita.ID – Komunitas mahasiswa di Kota Siantar melakukan unjuk rasa dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, Kamis (2/5) Pukul 10.00 WIB.

Peserta aksi awalnya berkumpul di depan Taman Bunga Jalan Merdeka Kota Pematangsiantar.

Beberapa di antaranya membawa spanduk yang bertuliskan Cabut UU pro Neolib No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Wujudkan pendidikan gratis, ilmiah dan demokratis, dan laksanakan Pasal 33.

Sembari berorasi melaui pengeras suara, mereka berjalan menuju kantor DPRD Siantar untuk menyampaikan aspirasi. Setiba di sana, mereka dihadang puluhan anggota Satpol PP. Selama berorasi di halaman kantor DPRD, tak satupun anggota DPRD yang datang menemui peserta aksi.

Petugas Satpol PP memberi alasan kepada peserta aksi bahwa anggota DPRD sedang melakukan rapat.

Awalnya mahasiswa ini percaya dan menunggu beberapa menit kehadiran anggota DPRD. Tapi, wakil rakyat yang mereka tunggu tak kunjung hadir hingga menimbulkan kekecewaan.

Dengan penuh emosi, mereka langsung meringsek masuk ke kantor dan memeriksa setiap ruangan anggota DPRD. Ternyata tidak ada ditemukan anggota DPRD melaksanakan rapat.

Suasana sedikit tegang ketika mahasiswa melihat seluruh ruang anggota DPRD kosong dan tidak ada penghuninya. Beberapa peserta aksi duduk di meja kantor DPRD sebagai bentuk protes atas kondisi kantor yang tidak ada penghuninya.

Setelah dari DPRD, peserta aksi melanjutnya orasinya dan berangkat ke kantor Dinas Pendidikan dengan berjalan kaki. Arus lalulintas pun macet lantaran peserta aksi menggunakan sebahagian badan jalan. Tiba di sana mereka juga tidak bisa berdialog kepada perwakilan Dinas Pendidikan.

Dalam orasi mereka, meminta kepada pemerintah untuk menghentikan komersialisasi pendidikan dan berharap kepada pemerintah untuk benar-benar menggratiskan biaya pendidikan.

Setelah dari Dinas Pendidikan, peserta aksi berhenti di kampus Universitas HKBP Nommensen di Jalan Sangnawaluh dan di sana mereka beristrahat, sebelum membubarkan diri. (mag03/pra)

iklan usi