News

Peringatan Hardiknas di Sidimpuan: Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Jajaran Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakan Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Stadion HM Nurdin, Kamis (2/5).

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ki Hadjar Dewantara, Pahlawan Nasional yang dihormati sebagai Bapak Pendidikan Nasional di Indonesia.

“Tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengamalan kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan,” kata Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, saat membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy dalam upacara Hari Pendidikan Nasional tahun 2019.

Dalam perspektif Kemendikbud, lanjut Irsan, pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

“Dalam pendidikan karakter yang dimaksudkan untuk membentuk insane berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggungjawab, serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali keterampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah,” paparnya.

Di Kota Padangsidimpuan sendiri, kata Walikota, melalui Hari Pendidikan Nasional Pemko Padangsidimpuan berharap segenap para guru dan para orangtua serta siswa di seluruh jenjang pendidikan untuk bersama-sama melakukan upaya dan ikhtiar agar kualitas pendidikan di Kota Padangsidimpuan semakin baik yang sejalan dengan visi-misi Pemko Padangisidimpuan.

“Kita tidak ingin meraih kelulusan yang tidak berbanding lurus dengan kualitas yang kita raih. Nah, target kita ialah bagaimana kualitas pendidikan itu terwujud. Kita ingin menunjukkan kualitas pendidikan kita terwujud secara fakta. Hal itu sejalan dengan visi-misi kita dalam membangun Kota Padangsidimpuan,” jelasnya. (bsl)