News

Peredaran Narkoba di Siantar Memprihatikan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Peredaran Narkoba di wilayah Kota Pematangsiantar memprihatikan. Meski jajaran kepolisian gencar melakukan penangkapan, namun tetap saja peredaran narkoba masih tinggi.

Hal itu dibuktikan dengan penangkapan yang dilakukan Sat Narkoba Polres Pematangsiantar, Selasa (25/6/2019) malam di Jalan Gunung Sinabung, Kelurahan Karo, Siantar Selatan dan ditempat berbeda.

Informasi dihimpun wartawan, malam itu, polisi meringkus Faisal Candra (40), Franky Artiagen (30) dan Ramadian Praditia Putra (23) alias Dian, ketiganya warga Huta Andarasi, Nagori Parbalogan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Awalnya polisi mengkap Ramadian Praditya Putra di Jalan Gunung Pusuk Buhit, Kelurahan Karo, Siantar Selatan.
Ketika ditangkap, Praditya sempat berupaya menghilangkan barang bukti dengan cara memasukkan narkoba jenis sabu ke dalam mulutnya.

Setelah diperiksa, ditemukan satu paket narkoba dibungkus dalam plastik klip di dalam mulutnya.

Berbekal barang bukti itu, polisi kemudian membawa Praditya ke Mapolres Pematangsiantar untuk dilakukan pengembangan.

Selanjutnya, polisi kembali melakukan penyelidikan dan meringkus Franky
Artiagen (30) alias Pakjos dari Jalan Sinabung, Kelurahan Karo.

Di rumah tersangka, polisi melakukan penggeledahan dan ditemukan sejumlah barang bukti, yakni lima paket sabu berserta alat hisap.

Tersangka yang diduga sebagai pengedar ini selanjutnya diboyong ke kantor polisi.

Tak berhenti sampai di situ saja, satu jam kemudian polisi juga menangkap Faisal Candra dengan barang bukti berupa satu kantongan plastik hitam berisi timbangan digital, satu buah plastik putih berisi narkotika diduga jenis ganja seberat 1,60 gram serta satu unit Hp merek Vivo.

Kemudian dua paket narkotika diduga jenis sabu seberat 7,18 gram, satu bungkus plastik klip, satu tas pinggang yang di dalamnya berisi uang sebesar Rp800 ribu. Faisal turut dibawa ke Polres Pematangsiantar untuk diproses hukum.

Sebelum penangkapan ketiga tersangka, selama Januari hingga 14 Juni 2019, Polres Siantar telah mengungkap 61 kasus dengan 79 tersangka.

Hal itu terungkap dalam temu pers minggu lalu di Mapolres Siantar. (mag03/pra/des)