News

Penyaluran Bansos di Sibolga Menunggu Pusat

FaseBerita.ID – Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Sosial siap menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk bulan Januari 2021. Namun hingga saat ini, Dinsos belum menerima surat resmi sebagai dasar penyaluran bansos tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kota Sibolga, Bustanul Arifin kepada wartawan mengakui pihaknya belum menerima surat resmi dari pemerintah pusat, terkait rencana penyaluran bantuan sosial pada pekan pertama Januari 2021. “Saya masih belum dapat suratnya, bahwa apa-apa saja (program bantuan sosial) yang diterima. Mungkin dalam mingu-minggu ini,” ujar Bustanul di kantornya, Selasa (5/1).

Kementerian Sosial (Kemnsos) memiliki tiga program bantuan sosial (bansos), yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Kelauarga Harapan (PKH), dan Bansos Tunai (BST).

Namun, kata Bustanul, kemungkinan penyaluran bansos untuk bulan Januari ini hanya terfokus pada BPNT dan PKH. “Kalau setahu saya, yang saya mengikuti arahan dari ibu Mensos (Menteri Sosial Tri Rismaharini), untuk sementara Januari ini akan digenjot PKH sama BPNT saja,” sebutnya.

Sementara itu, Koordinator PKH Kota Sibolga, Desmon Hutagalung menyebut, untuk bulan Januari ini ada sebanyak 3.463 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos di Sibolga.

Data tersebut masih akan dilakukan validasi (pembuktian) guna kesesuaian jumlah KPM, yang tergolong penerima PKH maupun BPNT.

“Nanti kita (pendamping PKH) cek langsung ke masyarakat, karena bantuan (PKH)-nya ke rekening langsung. Sistemnya, yang sudah dapat bantuan pangan, itu yang akan dapat PKH,” ungkap Desmon melalui telepon seluler.(mis/fabe)

USI