News

Penjual Ganja Pasrah di Gelandang Polisi

FaseBerita.ID – Acungan jempol pantas disematkan kepada personel Satres Narkoba Polres Tapanuli Tengah (Tapteng). Ditengah-tengah ancaman Covid-19, satuan pimpinan AKP JM Napitupulu ini tetap eksis melakukan pemberantasan terhadap pelaku penyalahguna narkotika.

Teranyar, Sabtu (18/4) lalu sekira pukul 15.30 WIB, tersangka penjual sabu dan ganja berhasil ditangkap. HS (36), warga Desa Pahieme, Kecamatan Sorkam, Tapanuli Tengah, ditangkap di sebuah pondok kebun kelapa sawit melalui strategi “under cover buy”.

Tidak tanggung-tanggung, dari tangan pria penganguran ini disita barang bukti berupa satu bungkus ganja kering yang dibungkus plastik hitam dibalut lakban warna coklat dengan berat bruto 100 gram, dan satu paket sabu yang dibungkus plastik bening dengan berat bruto 0, 35 gram. Di samping ganja dan sabu, polisi juga menyita satu tas sandang warna merah.

Berakhirnya sepak terjang HS bermula saat tim Opsnal Polres Tapteng mendapat informasi adanya seorang laki-laki yang sering menjual ganja di sebuah pondok kebun kelapa sawit, di Desa Pahieme, Kecamatan Sorkam.

Untuk meringkus pebisnis barang haram ini, Tim Opsnal memancing tersangka dengan menyamar menjadi pembeli (under cover buy).

Saat hendak proses transaksi, HS langsung ditangkap dan dilakukan penggeledahan. Dari hasil penggeledahan, pada tas warna merah yang dibawa tersangka ditemukan 1 bungkus ganja kering yang di balut lakban warna coklat, dan 1 bungkus narkotika jenis sabu yang dibungkus dalam plastik bening.

“Dari tangan tersangka kita juga menyita barang bukti satu buah kaca pirex,” ujar Kapolres Tapteng AKBP Sukamat, melalui Paur Subbag Humas Polres Tapteng Ipda JS Sinurat, Minggu (19/4).

Walau merasa dikibuli, tersangka HS tidak dapat berbuat banyak. Ia hanya pasrah saat digelandang ke Mapolres Tapteng, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tersangka terancam pasal 114 ayat (1), subs pasal 112 ayat (1), pasal 114 ayat (2), subs pasal 112 ayat (2), Undang-Undoang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (tam)