News

Pengurusan SKCK Rp30 ribu

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Pelayanan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Tanjungbalai untuk biaya PNBP sebesar Rp 30 ribu.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai didampingi Kasat Intel Polres Tanjung Balai AKP Usrat Aminullah melalui Kepala Bagian Operasional (KBO)Sat Intelkam Polres Tanjungbalai Ipda MS Mangunsong mengatakan, Polres Tanjungbalai saat ini tetap memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat yang datang untuk pengurusan SKCK.

“Ya tentunya, pelayanan kepada masyarakat bukan hanya cepat dalam menyelesaikan surat SKCK. Kita juga harus memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dalam pengurusan SKCK,” ujar KBO Sat Intelkam Polres Tanjungbalai Ipda MS Mangunsong.

Tentunya, Sat IntelKam Terus meningkatkan hal ini baik dari alur sebelumnya menuju ke tempat SKCK kami lengkapi beberapa petunjuk.Seperti beberapa baliho tata tertib peraturan pengurusan SKCK dan sejenis nya ada di ruangan.

Sebelum masuk juga diberi tanda panah menuju ruangan SKCK, baik dari parkirnya juga ditata. Untuk pengurus disabilitas juga kami lengkapi kursi roda dan bagi pemohon yang ibu menyusui kami lengkapi satu ruangan khusus ibu menyusui diberikan fasilitas.

“Untuk biaya SKCK sendiri yang diminta biaya PNBP sebesar Rp 30 ribu. Tentunya itu sudah jadi aturan sesuai nomor 60 Tahun 2016 itu sesuai PNBP,” jelasnya.

Terlihat puluhan masyarakat membuat SKCK di ruang Sat Intelkam Polres dengan taat mengikuti antrian dan tertib.
Salah satu pemohon, Ade dan teman-temannya pemohon SKCK, saat terlibat wawancara dengan wartawan di luar ruangan pembuatan SKCK Polres Tanjungbalai mengaku nyaman saat mengurus SKCK.

“Cepat pengurusannya, tidak lambat. Dan kenyamanan di ruangan terasa enak, tidak panas karena ada AC,” ungkap dia.

Temannya lain juga mengaku kalau pengurusan SKCK di Sat Intelkam Polres Tanjungbalai sangat cepat. “Asalkan kita ikut antrian dengan baik dan tertib, pasti petugas yang membuat SKCK juga cepat,” ujarnya.

Tak hanya ruangan dan pelayanannya yang maksimal. Puluhan pemohon mengatakan ketika melakukan pengambilan sidik jari di ruangan itu tidak diminta biaya apapun.

Hanya SKCK yang diminta biaya PNBP sebesar Rp 30 ribu. Tentunya itu sudah jadi aturan. Untuk pelayanannya, semua penjaga (polisi) ramah. (ck04/rah)