News

Pengurus Partangiangan Pomparan Raja Siponot Panjaitan Kota Siantar Dilantik 25 April

SIANTAR, FaseBerita.ID – Panitia pembentukan dan pelantikan pengurus Partangiangan Pomparan Raja Siponot Panjaitan (PARASI), Selasa (20/4/2021) mengadakan rapat dipimpin Ketua Edison Panjaitan dan didampingi sekretarisnya St Drs Raja Hasoge Timbul Panjaitan serta bendahara S Lumban Gaol di Kedai Kopi Kampoeng milik Juanda Panjaitan yang terletak di jalan Parsoburan 12 Kelurahan Kampung Kristen Kecamatan Siantar.

Dalam rapat ditetapkan hari, tanggal, jumlah tamu dan sasaran yang akan diundang, serta biaya yang dibutuhkan untuk acara pelantikan.

Pelantikan disepakati pada hari Minggu 25 April 2021 di rumah Mangatas L Panjaitan di jalan Parsoburan dengan kapasitas undangan 250-300 orang. Para undangan harus mematuhi protokoler kesehatan covid 19. Biaya yag dibutuhkan diperkirakan lebih kurang Rp 25 juta yang rencananya akan diadakan lelang gotong royong sekaligus menambah uang kas untuk menindak lanjuti program Pengurus yg terlantik nantinya.

Edison Panjaitan mengatakan bahwa dasar dan tujuan pembentukan serta pelantikan Pengurus PARASI tersebut adalah agar semakin mempererat hubungan silahturahmi rasa persaudaraan kekerabatan sesama keturunan Raja Siponot Panjaitan yg ada di kota Pematang siantar. Saling peduli dalam melaksanakan acara suka maupun duka.

” Martapuk Bulung Marbona Sangkalan, artinya dalam pelaksanaan acara adat istiadat dapat diketahui siapa saja keluarga inti secara garis keturunan silsilah, siapa suhut sihabolonan dan paidua ni suhut,” ujarnya.

Sementara Timbul Panjaitan menanbahkan dalam wadah inilah diwariskan Partaromboon dan mendidik generasi milenial agar makin mencintai menghargai budaya batak, merawat situs peninggalan leluhur yang ada di bona pasogit, menghindari penyakit sosial yang berakibat buruk terhadap dirinya maupun kepada orang lain, dan yang paling inti dalam wadah ini melaksanakan Partangiangan (doa bersam) utk mengajak keluarga makin dekat berserah kepada Tuhan sesuai dengan iman  kepercayaannyamasing-masing.  Adapun jumlah anggota yang sudah terdata 300 kk.

Pengurus terpilih yang akan dilantik Ketua ML Panjaitan, wakil ketua Edison Panjaitan, Sekretaris St Drs Raja Hasoge Timbul Panjaitan, wakil Sitor Panjaitan, Bendahara S Lumbal Gaol, wakil bendahara A Huta Galung, ditambah dengan seksi dan koordinator sektor.(rel/fabe)

USI