News

Pengurus KONI Sibolga Periode 2019-2023 Dilantik

FaseBerita.ID – Wakil Ketua I Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) Agung Sunarno atas nama Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis secara resmi melantik pengurus KONI Kota Sibolga masa bakti 2019-2023. Proses pelantikan diselenggarakan di Aula Topaz Hotel Wisata Indah (WI) Sibolga, Senin (28/12) lalu.

Adapun susunan pengurus KONI Sibolga periode 2019-2023 yang dilantik yakni Ketua Heri Yon Marbun, Sekretaris Jufri MY Tanjung dan Bendahara Andi T Parlinggoman serta pengurus lainnya. Pelantikan tersebut sesuai Surat Keputusan (SK) KONI Sumut Nomor : 66/KONISU/XIII/2019, tanggal 19 Agustus 2019 tentang Susunan Kepengurusan KONI Sibolga Periode 2019-2023.

Wakil Ketua I KONI Sumut Agung Sunarno dalam sambutannya berharap agar pengurus KONI Sibolga yang baru dilantik untuk dapat berjaya menciptakan lebih banyak atlet-atlet berprestasi seperti Pretty Sihite dari Kota Sibolga.

“Hal ini sekaitan dengan dihunjuknya Sumut sebagai tuan rumah Pekan Olah Raga Nasional (PON) bersama dengan Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada 2024 mendatang. PON 2024 mendatang rencananya akan mempertandingkan 61 cabang olah raga (Cabor), 30 diantaranya akan dipertandingkan di Sumut dan 31 lainnya di Aceh,” jelasnya.

Sementara Pretty Sihite sendiri, sambungnya, merupakan atlet Nasional asal Kota Sibolga, kelahiran Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang telah meraih banyak penghargaan (Medali) di bidang atletik, baik di tingkat daerah, Propinsi, Nasional dan Internasional seperti Sea Games dan menjadi salah satu atlet kebanggaan dan andalan KONI Sumut.

“Dalam mempersiapkan atlet pada PON 2024 ini, KONI Sumut memerlukan sekitar 1600 atlet, sementara yang ada di KONI Sumut sekarang ini atau yang nantinya akan mengikuti PON di Papua hanya 194 atlet. Maka itu, kerja keras bagi kita, bagi seluruh pengurus KONI, khususnya KONI Sibolga. Sumbang atlet untuk Sumut, sumbang untuk Indonesia. Mulai hari ini dan kedepan mulai pelatihan-pelatihan wasit dan atlet, pendidikan-pendidikan wasit dan atlet-atlet. Kita tidak mau Sumut mengimpor atlet-atlet dari luar, sementara kita memiliki kemampuan untuk mengangkat atlet-atlet Sumut,” bebernya.

Senada itu, Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk yang juga sebagai pelindung dalam kepengurusan KONI Sibolga 2019-2023 juga berharap kepada seluruh pengurus KONI Sibolga yang baru dilantik agar kedepannya mampu selalu menjalin komunikasi dan kekompakan dengan Pengurus Cabang (Pengcab) olah raga yang ada di Kota Sibolga.

“Seluruh pengurus KONI Sibolga yang baru dilantik juga diharapkan mampu menghilangkan perbedaan warna dan pandangan politik serta mampu menjalankan organisasi KONI dengan baik, khususnya dalam pengelolaan dana hibah yang bersumber dari pemerintah,” tegas Syarfi.

Pengelolaan dana hibah dari Pemko Sibolga itu, sambungnya, dengan maksud agar tidak ada pengurus KONI Sibolga yang nantinya terpanggil-panggil karena tidak dapat mempertanggungjawabkan keuangan KONI Sibolga.

“Jadi, sebagaimana tadi disampaikan Wakil Ketua KONI Sumut Agung Sunarno, 2024 mendatang Sumut akan menjadi tuan rumah PON. Jangan pula nanti Sumut tuan rumah, tapi mendapatkan peringkat 17. Jangan! Maka itu, saya berharap kepada KONI Sibolga untuk serius dalam menciptakan Pretty-Pretty baru (Atlet-atlet berprestasi) dari Kota Sibolga. Kalau boleh kembangkan olah raga yang bisa menciptakan prestasi, seperti Lari, Renang, Takraw, Bina Raga, Angkat Besi dan lainnya,” pesan Syarfi.

Sebelumnya, Ketua KONI Sibolga Heri Yon Marbun dalam sambutannya menegaskan keinginan atau rencananya selaku Ketua KONI Sibolga terpilih untuk menciptakan Pretty-Pretty baru dari Kota Sibolga. Maka pada kesempatan itu, dia pun mengajak dan mengimbau seluruh Pengurus KONI Sibolga yang baru dilantik untuk saling bahu membahu dan bersama-sama menciptakan prestasi-prestasi yang lebih tinggi bagi KONI Sibolga.

Begitu juga dia berharap dan mengajak seluruh Pengcab olah raga yang ada di Kota Sibolga untuk sama-sama bergandengan tangan, menjadikan prestasi Pretty Sihite sebagai motivasi untuk menciptakan atlet berprestasi di Kota Sibolga.

“Sekaitan dengan dihunjukknya Sumut menjadi tuan rumah PON bersama Aceh pada 2024 nanti, saya berharap kepada seluruh Pengcab yang ada di Kota Sibolga ini untuk meningkatkan prestasi agar Kota Sibolga lebih maju dan lebih bermartabat di Sumut. Demikian kerja sama kita ini bisa kita selesaikan sampai 2023, apa yang bisa kita garap dan ukir untuk prestasi Sumut,” ujarnya. (mis/fabe)

USI