News

Pencuri Kotak Suara KPU Dihukum 2 Tahun 6 Bulan Penjara

FaseBerita.ID – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Simalungun menghukum 3 orang terdakwa yang telah melakukan pencurian kotak suara di gudang KPU Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun.

Ketiga terdakwa itu adalah Jimmi Sujarwo yang dijatuhi hukuman 2 tahun 6 bulan. Kemudian Jatar Simanjuntak dan Hendri masing-masing divonis 1 tahun 6 bulan.

Majelis Hakim yang diketuai Hendrawan SH didampingi Mince SH dan Aries SH pada Selasa (10/3) kemarin menyatakan bahwa perbuatan terdakwa telah melanggar Pasal 363 ayat 1 ke 4 KUHPidana tentang pencurian.

Sementara terdakwa Hendri dikenakan pasal 480 KUHPidana tentang penadah barang curian.

Atas vonis tersebut, terdakwa Jimmy merasa keberatan atas vonis tersebut karena berbeda dengan rekannya Jatar Simanjuntak.

Sebagaimana diketahui, terdakwa Jimmy dan Jatar pada tanggal 10 September 2019 sekira pukul 22.00 WIB melakukan aksinya di gudang KPU Jalan Asahan dengan cara memanjat.

Setelah masuk ke dalam gudang, terdakwa mengambil kotak suara yang terbuat dari alumanium. Mereka mengambil sebanyak 30 kotak. Setelah itu, kedua terdakwa memanggil Hendri yang membawa mobil angkutan umum.

Seluruh barang curian itupun kemudian dijual seharga Rp350 ribu dan uang itu mereka bagi-bagi.
Namun aksi pencurian itu dilapor ke polisi hingga kemudian ketiga berhasil diringkus. (ros)

USI