News

Pencuri Kotak Infaq di Masjid Al Amin Terekam CCTV

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pria yang mengenakan sweater abu-abu dan bercelana pendek hitam terekam kamera CCTV saat mencuri kotak Infaq di Masjid Al Amin Jalan, Radjamin Purba, Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematangsiantar, Kamis (25/9/2019) sekira pukul 21.30 WIB.

Pria yang tampak masih remaja itu belum diketahui identitasnya. Dari rekaman CCTV, terlihat ia memegang dan membongkar kotak Infaq. Selanjutnya, ia berlalu. Diketahui, pelaku sempat membongkar kabel-kabel CCTV yang terpajang.

Dalam rekaman CCTV juga tampak pelaku membawa tas sandang dan mengenakan sepatu. Ia masuk ke masjid  melalui pintu gerbang belakang.

Sesekali, pelaku melihat di sekelilingnya. Kemudian, ia berjalan ke arah kamar mandi dan keluar lagi mengambil kain sarung. Bahkan pemuda itu sempat membongkar isi lemari berisi Alquran. Selanjutnya, pria berambut ikal tersebut berusaha mencongkel pintu dari arah belakang masjid.

Lalu masuk ke masjid dan membongkar kotak Infaq. Pelaku juga sempat menyorotkan lampu senter di handphone– nya untuk melihat bagian dalam kotak Infaq.

Ia pun menguras isi kotak Infaq. Kemudian merusak kabel-kabel CCTV, dan berlalu meninggalkan kotak Infaq yang rusak dan kosong. Ia keluar dari masjid melalui pintu yang sama saat ia masuk.

Kenaziran Masjid Al Amin, Frans Sudi (54) mengatakan, sesuai rekaman CCTV, pelaku pencurian satu orang.

“Kami pun baru mengetahuinya Jumat (27/9/2019) Subuh, sekitar pukul 05.00 WIB,” terang Frans Sudi, kemarin sekitar pukul 14.00 WIB.

Begitu mengetahui pintu belakang masjid sudah terbuka, kata Frans Sudi, para jamaah kaget. Mereka pun mengecek ke bagian dalam masjid, dan menemukan kotak Infaq sudah terbuka dan posisinya berpindah. Saat diperiksa lebih lanjut, diketahui uang di dalam kotak Infaq sudah raib.

“Diperkirakan uang yang hilang tidak sampai Rp1 juta,” tukasnya.

Diperiksa lebih lanjut, sambung Frans Sudi, ternyata kabel-kabel CCTV sudah dirusak pelaku. Namun, ternyata kamera CCTV tetap bisa merekam aksi pelaku.

“Kami yakin pelaku pasti orang dekat sini karena dia mengetahui pasti letaknya CCTV,” ujarnya.

Disebutkannya, hilangnya kotak Infaq di masjid tersebut sudah kali ketiga. Pertama, sebelum dipasang CCTV. Setelah CCTV dipasang, tetap saja ada pencurian.

“Dan ini yang ketiga. Selama ini, isi kotak Infaq seminggu sekali dikeluarkan, yaitu setelah selesai salat Jumat,” jelasnya.

“Kami berharap pelaku cepat ditangkap. Karena kami sudah resah dan geram,” tambahnya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Pematangsiantar Iptu Nur Istiono saat dikonfirmasi mengatakan akan menindaklanjuti kasus pencurian tersebut. (mag-03)