News

Pemuda Harbonas Tancapkan Merah Putih di Puncak Gunung Sihabu-habu

FaseBerita.ID – Pemuda Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau (Harbonas) Kabupaten Toba Samosir mengisi hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dengan mendaki dan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Sihabu-habu. Gunung yang berada di Kecamatan Borbor ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Sumatera Utara.

Sandi Sitanggang, mewakili pemuda Harbonas mengatakan, Pemuda Habornas selalu rutin tiap tahun mengadakan kegiatan-kegiatan kreatif terutama dalam memperingati bulan kemerdekaan. Dalam rangka Dirgahayu Republik Indonesia ke-74, mereka memillih merayakannya dengan mendaki gunung.

“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, melainkan juga sebuah usaha untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang keindahan Gunung Sihabuhabu untuk menjadikannya sebagai salah satu tujuan destinasi wisata terutama bagi mereka yang hobby mendaki gunung,” katanya.

Sandi menjelaskan, ini merupakan pendakian kali pertama yang berhasil sampai ke puncak gunung Sihabuhabu. Medan berat yang harus dilalui, mulai dari vegetasi hutannya yang masih rapat sampai jalan terjal.

Sebagai tujuan wisata Gunung Sihabuhabu tergolong destinasi yang cukup baru, sehingga lingkungan yang asri masih amat terjaga. Berada di puncak gunung tertinggi ketiga di Sumatera Utara ini, kita akan ditawarkan pemandangan alam yang begitu indah.

“Deratan Bukit Barisan terlihat jelas memukau dihadapan kita, ditambah persawahan. Buat yang suka berburu fajar maupun senja Gunung Sihabuhabu merupakan pilihan yang tepat,” katanya.

“Selain menawarkan Gunung Sihabuhabu sebagai tujuan destinasi wisata. Pemuda Habornas dalam perjalanan menapaki puncak juga mengampanyekan pesan kepada para pendaki lainnya untuk senantiasa menjaga kebersihan selama melakukan kegiatan di gunung. Tidak membuang sampah sembarangan, dan menebang pohan sembarangan. Pesan ini disampaikan agar Sihabuhabu senantiasa asri dan lestari,” pungkasnya. (rel/esa)