News

Pemuda di Asahan Lelang Ikan Cupang Hias untuk Bangun Masjid

FaseBerita.ID – Husni Thamrin (30), seorang pemuda di Desa Lubuk Palas, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, sudah hampir tiga tahun berbisnis, sekaligus beternak  ikan hias cupang. Usaha sekaligus hobi yang ia geluti itu sudah memberikannya  banyak rezeki.

Menariknya, baru-baru ini Husni melelang koleksi ikan cupang yang dia punya di sosial media yang uang hasil lelang tersebut seluruhnya disumbangkan untuk pembangunan Masjid Taqwa yang berada di kediamannya.

“Mulanya itu, ada kawan yang datang ke rumah. Sambil lihat-lihat ikan dia cerita sekarang ada pembangunan masjid. Kebetulan dia panitianya juga. Disitu saya spontan bilang ke dia, kalau kira-kira ikan ini saya lelang dan hasilnya disumbang untuk masjid gimana,” kata Husni saat berbincang bersama wartawan, Jumat  (12/3).

Mendengar pernyataan Husni, temannya itu kaget sekaligus menyambut gembira ide tersebut. Hari itu juga, Husni langsung mengumumkan akan melelang beberapa jenis ikan cupang miliknya di akun sosial media facebook miliknya, Husni Arbi.

“Habis saya bilang (lelang) begitu langsung saya umumkan di sosmed facebook. Yang terjual hasil lelang pertama  ada tiga ekor ikan cupang, satu ekor jenis Red Samurai dan sepasang Avatar Gordon,” kata pria yang juga aktif di organisasi Pemuda Muhammadiyah ini.

Dalam lelang tersebut, Husni membuka harga mulai dari Rp200 ribu hingga batas waktu yang ditentukan, peminat lelang bisa memberikan harga tertinggi. Akhirnya penawar tertinggi datang dari Kota Medan, membeli ikan lelangan tersebut seharga Rp520 ribu.

“Uangnya langsung sudah diserahkan ke panitia pembangunan masjid,” kata dia sembari menjelaskan biasanya untuk tiga ekor tersebut ia dapat menjual dengan harga tertingg hingga Rp1,5 juta.

Di belakang rumahnya, Husni kesehariannya memang fokus membudidayakan ikan cupang. Puluhan jenis ikan hias berharga mulai dari Rp50 ribu hingga diatas Rp1 juta, ia koleksi dan dirawat dengan baik, mulai dari  jenis avatar, multi colour , nemo cooper, hingga samurai Thailand.

Dalam waktu dekat, ia mengatakan akan melakukan lelang lagi ikan cupang hias miliknya berjenis avatar chooper gold.

“Dalam waktu dekat ini saya mau bikin lagi. Tunggu saja,” katanya. (per/fabe)