News

Pemko Sibolga Semprot Disinfektan di Tempat Umum

FaseBerita.ID – Melawan wabah virus corona terus digalakkan Pemko Sibolga dengan melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum yang ada di Kota Sibolga, Kamis (26/3).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk itu difokuskan pada penyemprotan disinfektan di titik-titik yang dianggap rawan terhadap penyebaran virus corona.

Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk mengatakan, Pemerintah Kota Sibolga bekerja sama dengan TNI/Polri dan instansi terkait melakukan penyemprotan disinfektan keseluruh kantor pemerintah, swasta, hotel, perbankan dan tempat umum yang dirasa sangat perlu dilakukan secara merata.

“Penyemprotan dibagi menjadi empat tim, yakni di Kecamatan Sibolga Utara, Kecamatan Sibolga Kota, Kecamatan Sibolga Sambas dan Kecamatan Sibolga Selatan,” jelas Syarfi.

Menurutnya, penyemprotan disinfekatan ini akan dilakukan secara kontiniu, dikarenakan penyemprotan tidak cukup dilakukan hanya sekali.

“Ini tidak bisa sekali, sebab banyak orang yang akan masuk ke ruangan atau ke kantor itu, dan justru resikonya juga banyak. Penyemprotan akan dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh, supaya penyebaran virus covid-19 bisa dihentikan atau diputus, sehingga tidak menyebar di Kota Sibolga,” ungkap Syarfi.

Pada kesempatan itu, Syarfi mengatakan saaat ini di kota Sibolga sudah ada 4 warga berstatus Orang Dalam pemantauan (ODP).

“Hal ini sesuai laporan yang kita terima dari dinas kesehatan dan rumah sakit. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau terjangkit Covid-19 masih negatif,” beber Syarfi seraya mengatakan dia sudah menginstruksikan agar memperketat pintu-pintu masuk, baik melalui darat dan pelabuhan.

Syarfi berharap, penyemprotan disinfektan serta upaya lainnya yang dilakukan Pemko Sibolga bekerja sama dengan TNI/Polri, virus covid-19 tidak masuk ke Kota Sibolga. “Dengan catatan, masyarakat kjuga mau merubah diri dan mau mendengarkan ajuran dan himbauan dari pemerintah atau tim yang dibentuk pemerintah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga Firmansyah Hulu mengutarakan, kegiatan penyemprotan merupakan instruksi dari Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk. “Pemerintah berharap di daerah ini tidak ada kasus warga yang positif virus corona. Dan kita akan terus melakukan penyemprotan disinfektan terutama di lokasi-lokasi yang sering didatangi orang,” kata Firmansyah.

Firmansyah juga berharap agar tindakan pencegahan ini didukung penuh oleh seluruh elemen masyarakat Kota Sibolga guna meminimalisir kemungkinan adanya warga yang terjangkit Covid-19.

“Kita berharap agar masyarakat menjauhi keramaian untuk memutus rantai virus corona. Kemudian kesadaran masyarakat agar tetap tinggal dirumah juga tinggi, mengingat di Kota Sibolga sudah terdapat warga yang berstatus ODP,” imbuh Firmansyah.

Amatan New Tapanuli, petugas Dinas Kesehatan dan BPBD Kota Sibolga yang ditugaskan pemerintah untuk melakukan penyemprotan menyasar kantor kecamatan, kantor kelurahan, kantor dinas-dinas, bank-bank, hotel serta area publik lainnya. (rb)