News

Pemko Sibolga Raih Opini WTP

MEDAN, FaseBerita.ID – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indoonesia (RI) Tahun Anggaran (TA) 2018.

Pengharagaan itu diserahkan Kepala BPK Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Ambar Wahyuni kepada Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM, Selasa (7/4) di kantor BPK, Jalan Imam Bonjol No 22 Medan.

Turut mendampingi Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk yakni Ketua DPRD Sibolga Tonny Agustinus Lumban Tobing, Sekda Kota Sibolga M Yusuf Batubara, Kepala BKD Amarullah Gultom, Kepala Inspektorat Yahya Hutabarat, Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah Sofyan Nasution, Sekretaris DPRD Richard Pangaribuan dan lainnya.

Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk usai menerima penghargaan mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil usaha dan komitmen bersama antara Pemko Sibolga dengan DPRD Kota Sibolga, serta dukungan seluruh elemen masyarakat. “Komitmen dan sinergitas yang baik selaama ini tetap bisa dipertahankan sehingga capaian prestasi kinerja lainnya bisa diperoleh oleh Kota Sibolga dimasa yang akan datang,” harap Syarfi.

Menurut Syarfi, opini WTP tidak akan mungkin bisa diraih oleh Pemko Sibolga tanpa adanya semangat dan kemauan yang kuat untuk mengelola pemerintahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Kita berhasil mendapatkan penilaian opini WTP dan ini bukan tentang benar dan salah. Tapi ini merupakan standar penilaian BPK, yang diberikan kepada lembaga yang berhasil menyajikan secara wajar semua hal dari berbagai sisi,” bebernya.

Syarfi mengatakan, strategi yang diterapkan Pemko Sibolga setelah 3 tahun belakangan ini tidak mendapatkan penghargaan WTP yakni dengan melakukan evaluasi dan memeriksa dimana letak kesalahan serta kendala yang dihadapi. “Semua temuan kelemahan kita perbaiki. Kemudian kita juga mendorong setiap petugas agar tetap mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya.

Selain Kota Sibolga, BPK Perwakilan Sumut menyerahkan LHP atas LKPD Tahun 2018 dengan Opini WTP untuk 8 (delapan) Kabupaten/Kota di Sumut yakni Pemkab Dairi, Pemkab Deli Serdang, Pemkab Serdang Bedagai, Pemkab Tapanuli Selatan, Pemkab Humbang Hasundutan, Pemko Tebing Tinggi dan Pemko Gunung Sitoli. (ril/rb)