News

Pemko Siantar Mulai Salurkan Sembako

FaseBerita.ID – Pemerintah Kota Pematangsiantar menyerahkan sejumlah paket sembako ke 15.555 warga yang terimbas dari adanya Pandemi Covid-19. Penyerahan itu dilakukan di depan Tugu Lapangan Pariwisata, Selasa (21/4).

Sejumlah sembako ini dikirimkan dengan menggunakan truk dan dikawal oleh petugas kepolisian dan TNI-AD.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pematangsiantar Pariaman Silaen mengatakan, untuk hari ini ada dua kecamatan yang akan menerima bantuan. Keduanya Kecamatan Siantar Barat dan Siantar Sitalasari.

“Hari ini untuk Siantar Barat dan Siantar Sitalasari. Sembako ini di-drop hari ini ke kedua kecamatan itu. Teknisnya, Camat harus mengikuti prosedur di kelurahan-kelurahan, karena datanya ada di kelurahan masing-masing,” ujar Pariaman.

Penyerahan sembako selanjutnya akan dilakukan Rabu (22/4) besok, dengan tujuan ke Kecamatan Siantar Marihat dan Siantar Martoba. Kemudian Kamis (23/4) di Kecamatan Siantar Marimbun dan Kecamatan Siantar Timur dan Jumat (24/4) di Kecamatan Siantar Utara dan Kecamatan Siantar Selatan.

Pariaman menjelaskan sembako akan diserahkan ke warga yang telah didata oleh kelurahan sebagai objek penerima sembako.

“Nanti melalui lurah akan disampaikan ke RT-nya masing-masing. PO-nya kita terbitkan untuk lurah sebagai dasar penerima sembako,” kata Pariaman.

Disinggung terkait kemungkinan adanya masyarakat yang mengeluh tidak mendapatkan sembako bantuan akibat Covid-19, Pariaman mengatakan tetap menerima permintaan mereka asal memenuhi kriteria.

“Semua kami terima. Dengan catatan, dia betul-betul terdampak Covid-19, tidak mampu dan di luar penerima BPNT, BLT dan PKH,” katanya.

Pariaman menyebutkan ada bantuan lainnya yang bisa menjadi alternatif kepada warga yang belum mendapatkan manfaat sembako. Bantuan itu bersumber dari Kemensos RI.

“Kalaupun ada yang belum tercover itu, akan ditampung ke Kemensos. Di Kemensos ada alokasi 10.921 KK. Sekarang sedang dilakukan pendataan. Di sini masyarakat akan terima Rp600 ribu selama 3 bulan; April Mei dan Juni 2020,” katanya.

Sementara itu, Sembako yang diserahkan oleh Pemko Pematangsiantar berupa beras 10 kg, minyak goreng 1 liter, gula 0,5 kg, telur 30 butir dan kacang Hijau 0,5 kg

Bagi masyarakat yang belum terdata sebagai penerima bantuan, Pemko Siantar meminta agar bersabar dan memahami prosedur.  Pemko juga meminta masyarakat yang betul-betul layaklah yang mendapatkan bantuan.

Penyaluran dilakukan bertahap selama empat hari. Demikian dikatakan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTP2) Covid-19 Kota Siantar, Daniel Siregar selepas rapat koordinasi GTP2 Covid-19 Kota Siantar, di Ruang Data Pemko Siantar, Selasa (21/4).

“Bantuan akan diberikan setiap bulanya disepanjang tahun 2020 ini, bila Covid-19 masih mewabah dan memberikan dampak luas terhadap perekonomian. Sehingga, jika dampak Covid-19 telah selesai, maka bantuan juga akan dihentikan. Berdoalah kita supaya Covid-19 ini segera musnah dari bumi ini,” harap Daniel Siregar. (mag 04)

USI