News

Pemkab Tapteng Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa

TAPTENG, FaseBerita.ID – Untuk meningkatkan kapasitas tugas pokok serta fungsi (tupoksi) aparatur desa, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), melalui Bagian Tata Pemerintahan menggelar pelatihan pemantapan tugas bagi perangkat desa se Kecamatan Sibabangun, Kamis (4/7/2019).

Kegiatan yang digelar di aula pertemuan kantor Kecamatan Sibabangun itu diikuti seluruh perangkat desa yakni, Kepala Desa, BPD dan Kepala Dusun. Terlihat hadir Kabag Tapem Pemkab Tapteng Hj Ernawati Pohan SSos dan Camat Sibabangun Maslina.

Dalam kesempatan tersebut, Kabag Tapem Hj Ernawati Pohan SSos, mengajak seluruh peserta untuk lebih serius mengikuti kegiatan pelatihan, sehingga peningkatklan tupoksi demi terwujudnya tata kelola pemerintahan dan keuangan desa yang profesional, transparan dan akuntabel dapat tercapai.

Ia mengatakan, pelatihan yang digelar sangat penting untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perangkat desa, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pembantu kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, sehingga kegiatan pemerintahan desa dapat berjalan sesuai dengan aturan yang ada.

“Pelatihan ini dapat memberikan pemahaman dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta memberikan penajaman orientasi atas pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa, guna pemantapan penyelenggaraan pemerintahan desa,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Sibabangun, Maslina berharap, melalui kegiatan pelatihan perangkat desa dapat lebih memahami dan menambah wawasan dalam melaksanakan tupoksinya sebagai aparatur pemerintahan desa. Ditegaskannya, dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan desa, perangkat desa harus memahami pedoman dan aturan teknis penyelenggaraan pemerintahan desa, antara lain UU Desa Nomor 6 tahun 2014 dan PP Nomor 43 tahun 2014

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kapasitas dan tupoksi masing-masing dalam rangka memajukan desa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju desa mandiri dan berinovasi,” tukasnya. (ztm)