News

Pemkab Tapteng Gelar Pembekalan Tugas Aparat Kecamatan

TAPTENG, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melalui bagian pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) gelar kegiatan Pembekalan Tugas Aparat Kecamatan.

Pada pelaksanaan Pembekalan Tugas Aparat Kecamatan yang berlangsung pada Selasa (2/7/2019) di Hotel PIA Pandan itu, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas Antonius Simanjuntak menyambut baik pelaksanaan pembekalan aparatur kecamatan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para camat dan jajarannya, sehingga bisa lebih baik lagi di dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat di setiap kecamatan se Kabupaten Tapteng.

Dia juga mengatakan, camat dan aparatnya dituntut untuk memahami tugas pokok dan fungsinya. Dengan semakin tingginya pemahaman terhadap tupoksi, maka diharapkan terciptanya pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan yang semakin berkualitas.

“Kita harus menyadari bahwa paradigma pemerintahan saat ini telah mengalami perubahan yang sangat cepat, di mana kita dituntut untuk melayani masyarakat secara maksimal pada saat ini,” ucapnya.

Dikatakan juga, para camat dan aparatnya agar menjadi pemimpin di tengah-tengah masyarakat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan saat ini.

Di mana saat ini, berbagai program pembangunan telah dan sedang dilaksanakan, meliputi infrastruktur dan non fisik seperti pemberdayaan, yang bertujuan agar terciptanya kesejahteraan masyarakat di Tapteng.

“Dan ini penting partisipasi masyarakat karena masyarakat yang merasakan langsung manfaat pelaksanaan pembangunan dan pelayanan dasar/publik,” katanya sembari berharap melalui kegiatan itu kemampuan dan pemahaman para camat dan jajarannya semakin lebih baik dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Sebelumnya, Kabag Pemerintahan Ernawati Pohan dalam laporannya menyebutkan bahwa maksud dan tujuan pembekalan tugas aparat Kecamatan Tapteng itu untuk meningkatkan sumber daya manusia aparatur, khususnya camat dan jajarannya terhadap tupoksinya sehingga dapat menyelenggarakan pemerintahan dengan baik dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Peserta pembekalan ini 100 orang, yang terdiri atas camat, sekretaris camat, kepala seksi, Kasubbag, pejabat fungsional, serta staf pada 20 kecamatan se Kabupaten Tapanuli Tengah,” katanya. (dh)