News

Pemkab Simalungun Buka 1.049 Formasi PPPK Khusus Guru Tahun 2021

RAYA, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Simalungun mendapat jatah lowongan formasi penerimaan Pegawai Pemerintan Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Guru untuk tahun 2021. Sebanyak 1.049 formasi disediakan dalam rekrutmen yang didasari oleh PermenPAN Nomor 28 tahun 2021 ini.

Informasi diperoleh, seleksi kali ini akan dilaksanakan dalam tiga kategori seleksi kompetensi yakni Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Sosial Kultural. Seleksi juga dilaksanakan dalam tiga tahapan atau gelombang, jika seleksi gelombang pertama tidak memenuhi kuota formasi yang dibutuh.

Dalam seleksi kompetensi gelombang pertama, pesertanya khusus guru mantan tenaga honor K-II dan Guru non-ASN yang terdaftar di Dapodik. Setelah seleksi dilakukan maka akan dilaksanakan pengumuman dan masa sanggah.

Selanjutnya, jika formasi belum terpenuhi maka dilaksanakan seleksi kompetensi gelombang kedua dengan peserta pelamar dari tenaga honor K-II yang tidak lulus seleksi kompetensi I, Guru non-ASN yang terdaftar di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I, Guru Swasta yang terdaftar di Dapodik dan Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Setelah nilai dan hasil diumumkan dan diberikan waktu sanggah, maka jika formasi belum terisi keseluruhan maka dilaksanakan seleksi kompetensi III. Pesertanya pelamar dari THK-II yang tidak lulus seleksi kompetensi I dan II, Guru non-ASN yang terdaftar di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I dan II, Guru Swasta yang terdaftar di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II; dan Lulusan PPG yang tidak lulus seleksi kompetensi II.

Pada seleksi kompetensi PPPK Guru kali ini, sesuai PermenPAN Nomor 21 tahun 2021 yang ditandatangani MenPAN dan RB Cahyo Kumolo tertanggal 7 Juni 2021 tersebut, tetap memberikan formasi khusus untuk penyandang disabilitas. Syarat dan ketentuan sudah diatur.

Nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF guru tahun 2021 tetap berlaku untuk Nilai Ambang Batas Kompetensi Teknis, Nilai Ambang Batas kumulatif Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural dan Nilai Ambang Batas wawancara.

Pelamar wajib melamar formasi di sekolah tempat mengajar. Jika formasi tidak tersedia maka, dapat mencoba di formasi sekolah lain.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melalui Kepala BKPPD Jamesrin Saragih yang dikonfirmasi terkait formasi PPPK untuk 1.049 guru di Simalungun mengatakan, pihaknya memang sudah mendapat informasi tersebut.
“Kita diberikan jatah 1.049 guru untuk PPPK. Namun, Bapak Bupati masih berusaha agar formasi itu bertambah. Karena Simalungun saat ini sedang kekurangan banyak guru. Namun untuk jadwal seleksi belum dipastikan waktunya,’ kata Jamesrin Saragih.(esa/fabe)