News

Pemkab Paluta Izinkan Dana BOS dan BOP Digunakan untuk Cegah Covid-19

FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengizinkan pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Demikian disampaikan Kadis Pendidikan Kabupaten Paluta Sofyan Endamora Harahap, Jumat (29/5).

Katanya, keputusan itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Paluta nomor: 420/ 2638/ 2020 tentang Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 tertanggal 29 Mei 2020.

“Dana BOS dan BOP boleh dimanfaatkan untuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pemanfaatan dana BOS dan BOP itu untuk pembelian atau pengadaan barang sesuai kebutuhan sekolah termasuk untuk membiayai keperluan dalam pencegahan pandemi Covid-19 seperti penyediaan alat kebersihan, hand sanitizer, disinfektan dan masker bagi warga sekolah.

Tambahnya, untuk daerah Kabupaten Paluta, proses Belajar Dari Rumah (BDR) masih tetap dilaksanakan dari tanggal 2 Juni-13 Juni 2020 pada jenjang PAUD, SD dan SMP.

Untuk itu ia meminta kepada orangtua siswa agar dapat melakukan pendampingan atas aktivitas belajar dari rumah dan melaksanakan kordinasi dengan pihak guru dalam hal penyampaian materi lembar kerja siswa.

“Dan kepada seluruh kepala sekolah diinstruksikan untuk memantau pemberian materi modul lembar kerja yang akan di berikan oleh guru kepada siswa dan menjadwalkan tugas piket secara bergilir di satuan pendidikan untuk membantu kordinasi yang lebih baik dengan siswa maupun orangtua siswa dan melaksanakan evaluasi setiap minggunya,” pungkasnya. (ais)

USI