News

Pemkab Labusel Akan Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

FaseBerita.ID – Dampak Pandemi Covid-19 di Kab Labuhanbatu Selatan, sejak Maret tahun 2020 dirasakan bukan hanya melumpuhkan sistem sosial dan perekonomian. Namun, telah menyasar roda kehidupan seluruh aspek dalam masyarakat termasuk birokrasi pemerintahan.

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas Harian (Plh) Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel), Zulkilfli saat memimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Rabu (17/2/2021) kemarin, di halaman Kantor Bupati.

Dalam rangka pencegahan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, kata Zul, adminstrasi negara telah mengeluarkan surat edaran tentang panduan tekhnis penyelenggaraan pelatihan dalam masa penyebaran pandemi Covid-19.

“Program Reformasi Birokrasi 2010-2025 bertujuan membangun kepercayaan masyarakat (Public Trust Building) dan menghilangkan citra negatif birokrasi pemerintahan,” ujarnya.

Zulkifli juga menjelaskan, reformasi birokrasi adalah merubah pola pikir (Mindset), Pola budaya (Culturalset) dan sistem tata kelola pemerintahan menyasar terwujudnya birokrasi yang bersih, efektif efesien, produktif dan transparan.

“Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam rangka pelaksanaan cita-cita bangsa dan mewujudkan tujuan negara sebagai mana tercantum dalam Undang-undang Dasar,” jelasnya.

Menurut Zul, ASN berperan sebagai perencana, pelaksana penyelenggaraan dan pengawas tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) dalam rangka memberikan pelayanan yang profesional, jujur, adil dan merata.

“Menjawab hal tersebut, dibutuhkan sumber daya manusia aparatur pemerintahan yang berkualitas, memiliki kesadaran yang tinggi akan tanggungjawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat tanpa membedakan faktor politik, suku ras dan agama, asal usul, jenis kelamin dan disabilitas,” tandas Plh Bupati. (bud/fabe)

USI