News

Pemkab Labuhanbatu Belum Bayar Honor Petugas Kebersihan

FaseBerita.ID – Puluhan honorer petugas penyapu jalan dan juga honorer petugas kebersihan di daerah Pemkab Labuhanbatu belum dibayarkan.

Puluhan orang honorer yang notabenenya setiap hari pagi, sore dan bahkan malam hari melakukan tugasnya sebagai penyapu jalan, memberikan kebersihan pada Kota Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu tersebut, sampai saat ini, Pemkab Labuhanbatu belum memberikan gaji mereka.

Sama halnya juga dengan puluhan orang honorer pada petugas Kebersihan Taman Kota Rantau Prapat dan petugas angkutan motor sampah dalam Kota Rantau Prapat maupun daerah kecamatan se Kabupaten Labuhanbatu. Belum menerima gaji dari Pemkab Labuhanbatu.

Hal ini seperti diungkapkan salah seorang honorer petugas penyapu jalan pada awak media ini, insial R. Ianya mengungkapkan, Pemkab Labuhanbatu belum membayar gaji mereka sebagai honorer penyapu jalan.

“Memang 1 bulannya pak, belum dibayar gaji kami. Yaitu gaji bulan Juni kemarin. Itu yang belum kami terima. Kalau dibilang perlu, ya sangat perlu lah kami uang gaji kami. Untuk makan,” kata R, Kamis(16/7).

Informasi yang dihimpun  besar honorer gaji petugas penyapu jalan yaitu Rp 40ribu per harinya. “Kalau penyapu jalan, setiap hari masuk. Ada pagi, sore dan malam hari. Bergantian, gajinya dihitung per harinya empat puluh ribu rupiah”, sebut EP salah satu penyapu jalan, yang terdiri dari kaum perempuan semuanya.

Beda besaran gaji Honorer petugas kebersihan taman Kota Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu sebesar Rp 35ribu per hari.

Sedangkan gaji honorer petugas motor angkutan kebersihan (Sampah) se Kabupaten Labuhanbatu, berkisar satu bulannya Rp 1.5juta.

Mereka ini, sebagai petugas kebersihan yang mengabdi setiap harinya pada Pemkab Labuhanbatu Cq OPD Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu, juga belum terima gaji terbilang satu bulan penuh yaitu Juni 2020. Walaupun keringat mereka sudah kering di badan.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu Nasrullah, saat  dikonfirmasi Nasrullah, tidak berada di kantor Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Labuhanbatu dan saat di telp beliau mengatakan sedang mengikuti rapat di Kantor DPRD Labuhambatu. “Maaf saya lagi rapat ini sampai sore,” jelasnya sambil mematikan selulernya. (bh/rah)

USI