News

Pemkab Asahan Diminta Fokus Alokasikan Anggaran Covid-19

FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Asahan diharapkan lebih fokus didalam mengalokasikan dana penanggulangan virus Covid-19.

Baik itu bersumber dari APBD, DAK dana Kelurahan dan dana Desa dalam bentuk pemberikan bantuan APD dan masker bagi klinik, puskesmas serta rumah sakit yang ada di setiap desa dan kecamatan. Serta pemberian bantuan masker kain, hand sanitizer serta vitamin secara geratis kepada seluruh masyarakat Asahan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Asahan, Halim Saragih saat berbincang bersama wartawan, Sabtu (25/4). Disamping itu, ia juga mendorong Pemkab Asahan agar melibatkan perusahaan agar menggunakan dana CSR.

“Inilah saatnya, Pemkab Asahan untuk berkolaborasi mengadakan sembako bazar murah (beras gula minyak goreng indomi telor) secara berkesinambungan. Jika rasanya terlalu berat membagikan sembako gratis bisa saja formatnya mengadakan kegiatan bazar murah.  Karena di Asahan ini banyak perusahaan yang dapat digerakkan CSR-nya, di bidang usaha tersebut,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, KNPI Asahan juga berharap agar Pemkab bersama gugus tugas covid 19 yang sudah terbentuk dapat lebih konkrit di dalam bekerja. Tidak hanya sebatas sosialisasi, mendata ODP  dan melakukan update data semata.

“Karena hari ini masyarakat bukan hanya sebatas butuh data yang di publikasikan setiap harinya oleh gugus tugas covid 19 tentang berapa banyak korban. Tapi harus ada tindakan kongkrit dari segala aspek yang di timbulkan akibat wabah Corona yang terjadi saat ini,” himbaunya.

Pemkab Asahan, lanjut Halim juga didorong untuk mengeluarkan surat edaran wajib menggunakan masker serta membawa hand sanitizer ketika beraktifitas di luar rumah. Jika perlu lakukan Rajia disetiap tempat didalam mengawal kebijakan ini.

“Kita tidak ingin status Kabupaten Asahan yang hari ini masih berstatus siaga darurat meningkat  menjadi zona merah akibat penanganan dan pencegahan yang dilakukan kurang tepat sasaran,” ucapnya mengakhiri. (mar/rah)