News

Pemilu Legislatif 2019 di Simalungun: 6 Ketua Partai Lolos, 5 Gagal

FaseBerita.ID – Sedikitnya 6 ketua Partai Politik tingkat Kabupaten, diprediksi akan duduk di DPRD Simalungun periode 2019-2024. Sementara 4 yang menjabat Sekretaris juga diprediksi melenggang ke kantor yang berada di ibukota Kabupaten, Raya.

Sementara 5 ketua partai lainnya, gagal meraih kursi karena kalah bersaing perolehan suara.

Ketua Partai yang dinilai paling sukses pada pemilu serentak tahun ini adalah Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Simalungun Timbul Jaya Sibarani. Partainya diprediksi meraih kursi terbanyak yakni 9 kursi, dan Timbul Jaya Sibarani yang maju dari daerah pemilihan 6 Kabupaten Simalungun meraih suara terbanyak di partainya 5.978 suara. Golkar meraih dua kursi di dapil enam.

Kesuksesan sebagai ketua partai juga dirasakan oleh Elias Barus, Ketua DPC Partai Demokrat Simalungun. Walau partainya dipastikan tidak lagi akan berjatah ketua DPRD, namun untuk jatah Wakil Ketua masih milik Demokrat dengan perolehan 7 kursi. Elias sendiri maju dari dapil satu dengan perolehan suara 8.144 suara. Di dapil satu, Demokrat hanya mampu mendudukkan satu calon.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Simalungun Sastra Joyo Sirait, juga diprediksi menjadi anggota DPRD Simalungun periode berikutnya. Sastra yang maju dari daerah pemilihan empat meraih suara 5.735. Sementara Gerindra diperkirakan mendudukkan enam calon terbaikknya di DPRD Simalungun.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga berhasil mendudukkan Ketua PKS Kabupaten Ikhwanuddin Nasution yang maju dari daerah pemilihan tiga dengan raihan suara 2.135.

Nasib baik juga diraih Ketua PAN Simalungun Edy Sumanto dan Ketua Partai Berkarya Kabupaten Simalungun Benfri Sinaga. Edy Sumanto maju dari dapil empat meraih 2.599 suara, sementara Benfri Sinaga maju dari dapil lima meraih 4.407. Benfri merupakan satusatunya caleg Partai Berkarya yang lolos ke DPRD Simalungun.

5 Ketua Partai Gagal

Sementara Ketua Partai yang gagal melenggang ke DPRD Simalungun, diantaranya Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maha Dharma Saragih. Walau PDIP diprediksi akan mendudukkan 8 caleg terbaiknya, Maha Dharma kembali gagal. Maha hanya berhasil meraih peringkat ke empat perolehan suara sesama caleg partai di dapil satu. Sementara PDIP hanya meraih dua kursi untuk dapil satu.

Ketua Partai Hanura Kabupaten Simalungun Bonar Zetsel Ambarita, juga bernasib sama. Pria yang maju dari dapil IV Kabupaten Simalungun ini gagal meraih suara terbanyak di partainya.

Hal sama juga terjadi pada Ketua Partai Nasdem Kabupaten Simalungun Ida Masta Saragih, Ketua PAN Simalungun Burhanuddin dan Ketua Perindo Simalungun Baren Saragih. Tiga pimpinan partai kabupaten ini, maju ke DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil X Siantar-Simalungun. Namun Ida Masta gagal meraih suara terbanyak, sementara Baren juga gagal karena Perindo tidak kebagian jatah kursi.

4 Sekretaris Sukses

Sementara caleg yang menjabat Sekretaris di partainya, juga melenggang ke kursi DPRD Simalungun.

Diantaranya, Sekretaris PDIP Rospita Sitorus yang maju dari dapil IV. Selain Rospita, Sekretaris Partai Nasdem Bernhard Damanik juga maju dari dapil VI dan diprediksi akan tetap lolos ke DPRD.

Sekretaris Partai Hanura Suriawan juga berhasil lolos ke DPRD Simalungun, karena berhasil meraih suara terbanyak di partainya untuk dapil 3.

Sekretaris PPP Adianto Pasaribu juga sukses meraih kursi DPRD Simalungun yang maju dari dapil dua.
Sementara Sekretaris Partai Demokrat Surya Budi, gagal meraih kursi DPRD karena kalah perolehan suara. Hal sama juga dialami Sekretaris Partai Golkar Suyono, dan Sekretaris PKS Joni Safri. (esa)