News

Pembunuh Pelajar SMP Tamsis Bah Jambi Divonis 9 Tahun Penjara

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Simalungun memvonis terdakwa  RBP (17)  selama 9 tahun  penjara akibat melakukan pembunuhan terhadap Canda Prayoga (13) yang berstatus pelajar. Putusan itu dibacakan pada, Kamis  (14/5).

Hakim Tunggal Hendrawan Nainggolan, SH dalam putusannya menyatakan bahwa perbuatan terdakwa RBP terbukti bersalah melakukan pembunuhan. Maka dengan itu, Hakim sepedapat dengan Jaksa Penuntut Umum Juna Karo Karo sebelumnya menutut terdakwa 9 tahun penjara.  Perbuatan terdakwa RBP telah melanggar pasal 339 dan  181  KUH Pidana Jo Pasal 55 (2) ke 1 KUH Pidana Jo UU RI No.11/2012 Tentang Sistem Peradilan Anak.

Setelah pembacaan putusan, terdakwa yang didampingi oleh penasehat hukum Besar Banjarnahor SH bersama Ruth Purba SH diberi kesempatan untuk berpikir apakah menerima putusan tersebut atau tidak.

Terungkap perbuatan terdakwa RBP dan MA (18) (berkas perkara terpisah) bahwa pembunuhan terhadap Chanda Prayoga (13), siswa Kelas 2 SMP Taman Siswa Bah Jambi yang ditemukan terkubur setengah badan di areal PTPN III Kebun Bangun dilakukan pada Rabu (8/4). Aksi pembunuhan itupun membuat warga Bah Jambi geger dan tidak menyangka kedua pelaku tersebut tega membunuh korban yang masih pelajar itu.

Persoalan ini berawal dari uang pinjaman yang harus dibayarkan oleh terdakwa sebesar Rp500 ribu, untuk dapat menebus kembali sepedamotor yang telah digadaikan. Lalu, kedua terdakwa sepakat untuk menghabisi nyawa korban dan mengambil handphone dan sepedamotornya.
Setelah aksi pembunuan itu selesai dilakukan, kedua terdakwa menjual sepedamotor korban seharga Rp1.750.000 dan HPnya seharga Rp900 ribu. (ros)