News

Pembeli ‘Pulsa’ di Gang Puri Dipandu Para Kenziro

SIANTAR, FaseBerita.ID-Menurut penuturan JS, para pembeli dan penjual narkoba di Gang Puri punya kode-kode untuk setiap transaksi.

Biasanya calon pembeli diarahkan oleh orang yang sudah biasa sebagai perantara. Mereka digelari Kenziro. Kepada calon konsumen, Kenziro menanyakan maksud dan tujuan yang datang.

Setelah dirasakan aman, melalui isyarat yang sudah disepakati, Kenziro menanyakan berapa banyak narkoba yang dibutuhkan. Biasanya menggunakan kata pulsa. Pulsa 10 untuk barang senilai Rp100 ribu, pulsa 15 untuk barang senilai Rp150 ribu dan pulsa 20 untuk barang senilai Rp200 ribu. Ada juga istilah seprem, untuk seperampat gram narkoba sabu-sabu.

“Mereka punya istilah-istilah khusus, dan biasanya kode-kode itu dipahami warga di sana,” kata JS.
JS berharap dan yakin, pihak Polres Siantar mampu memberantas peredaran narkoba di Siantar terutama di Gang Puri, demi menyelamatkan masa depan generasi penerus.

Sudah Dalam Pantauan

Sementara Kasat Narkotika Polres Pematang Siantar AKP David Sinaga mengatakan, Gang Puri merupakan salah satu kawasan yang marak peredaran Narkotika. Gang Puri merupakan salah lokasi yang terus dipantau oleh pihaknya.

“Dari dulu nya kita pantau itu. Tinggal nunggu celahnya saja, sudah beberapa kali kita lakukan penggerebekan di sana. Tapi tau lah sekarang para pemain narkoba saat ini sudah mulai pintar-pintar. Dan bila ada masyarakat yang mulai resah, kasi nomor saya biar dikhabari samaku akan saya tangkap pelakunya,” ujar David.

“Kalau samaku tak ada yang namanya kompromi. Siapapun dia akan saya tangkap, nanti saya turun tangan ke lapangan. Bila melakukan perlawanan akan saya tembak,” kata David tegas. (mag-3/fi)