News

Pembatasan Penumpang Masih Berlaku: H+5 Arus Balik dari Nias ke Sibolga Masih Tinggi

FaseBerita.ID – Jumlah arus balik penumpang di momen Natal dan Tahun Baru pada H+5 dari Kepulauan Nias ke Sibolga masih tinggi.

Menurut Plh KaUPT Pelabuhan ASP Sibolga, Yon Moelyadi, jumlah tersebut diperkirakan hingga pertengahan Januari.

“Arus balik dari Gunung Sitoli, KMP Ono Niha, Rabu (6/1) mengangkut penumpang mencapai 492 orang, masih tinggi. Diperkirakan sampai pertengahan bulan,” kata Yon.

Untuk pembatasan jumlah penumpang, katanya, masih diberlakukan, hanya 50 persen dari kapasitas angkut armada. Sehingga banyak penumpang tidak tidak tersangkut dan terpaksa harus menginap di sekitar pelabuhan.

“Yang boleh diangkut hanya 50 persen dari kapasitas kapal. Makanya, banyak penumpang yang tidak terangkut,” ungkapnya.

Bersyukur, KMP Lawit sebagai tol laut singgah, sehingga penumpang yang jumlahnya ribuan, yang tidak terangkut akhirnya dapat diseberangkan.

“Untung KMP Lawit tanggal 23 Desember itu nyandar. Diangkutlah semua penumpang yang tidak terangkut, jumlahnya mencapai ribuan orang ke Nias. Tanggal 3 Januari kemarin, diangkut lagi dari Nias ke Sibolga sekira 3000 orang. Jadi, sekarang gak ada lagi penumpang yang terlantar di pelabuhan,” tukasnya.

Sebaliknya, arus keberangkatan dari Sibolga ke Nias hingga H+5, sepi.

“Kemarin KMP Belanak berangkat hanya membawa 182 penumpang. Sementara, kapasitasnya 400 orang. Jadi, gak ada penumpang yang tidak diangkut,” pungkasnya. (ts/fabe)

USI