News

Pembangunan Jalan Sisoma Jae Layak Diprioritaskan

TAPSEL, FaseBerita.ID – Pemkab Tapsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Daerah diminta memprioritaskan pembangunan jalan dengan panjang sekitar 1,5 km, menuju Dusun Sisoma Jae, Desa Padang Lancat Sisoma, Kecamatan Batangtoru. Pasalnya, kondisi jalan menuju dusun berpenghuni sekitar 115 KK itu, sudah rusak parah.

Kepala Desa Padang Lancat Sisoma Marihot Antong Sihombing saat bertemu awak media ini beberapa hari lalu mengatakan, jalan tersebut terakhir dibangun pada tahun 2013.

Dan memang, kondisi jalan, selalu menjadi usulan utama setiap tahunnya dari desa yang telah dipimpinnya selama lebih kurang 8 tahun ini.

“Pembangunan jalan ini selalu menjadi usulan prioritas utama kami setiap tahun. Tetapi belum ada realisasi. Mungkin tahun ini, atau tahun depan,” ucapnya berharap.

Dikatakan, jarak dari simpang jalan nasional menuju dusun tersebut memang ada sekitar 2.5 km. Namun sekitar 1 km telah dibangun beberapa tahun lalu. Sehingga, kondisi yang rusak parah saat ini hanya ada dikisaran 1,5 km lagi. Dimana, peran jalan tersebut sangat besar dalam mengangkat perekonomian dari sekitar 115 KK warga yang berdomisili di dusun itu.

“Jalur menuju dusun itu juga bisa tembus ke Pasar Sempurna, Kecamatan Marancar. Tetapi, jalan yang di titik awal inilah yang belum mendapat sentuhan,” sebutnya.

Berdasarkan pantauan, beberapa pengendara tampak kesulitan melintasi jalan menuju Dusun Sisoma Jae tersebut, karena bebatuan berserakan dan posisi jalan menanjak dan menikung. Sesekali pengendara sepeda motor harus menyanggah dengan kaki agar tidak terjatuh.

Para pejalan kaki yang lalu lalang juga tampak tidak nyaman melewati jalan berkerikil karena bekas aspal lapisan penetrasi telah hancur menyisakan kerikil dan batu tajam.

“Mudah mudahan mada dipature sacopatna dalan on. Ima maolna lewatan boh (Mudahan mudahanlah segera diperbaiki jalan ini. Kami kesulitan sekali),” ungkap beberapa warga saat berpapasan dengan awak media ini, berharap. (ran)