News

Pelunasan Ongkos Haji Mulai 22 Mei; Khusus Pengisi Kuota Tambahan

FaseBerita.ID – Setelah sempat tertunda, Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan rencana pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) untuk kuota tambahan. Kasubdit Pendaftaran dan Pelunasan Haji Kemenag Mukhammad Khanif menyebutkan, pelunasan tahap ketiga itu dimulai 22 Mei sampai 29 Mei.

Hingga Jumat (17/5) malam, nama-nama calon jamaah haji (CJH) yang berhak melunasi BPIH tahap ketiga tersebut belum diumumkan Kemenag. Kuota yang tersedia untuk kuota tambahan itu mencapai 10 ribu kursi. Sesuai dengan ketentuan Kemenag, kuota itu dibagi rata menjadi dua. Yakni untuk nomor porsi sesuai antrean dan usulan CJH lansia serta pendampingnya.

Pengisian kelompok jamaah lansia beserta pendampingnya, jelas Khanif, berbasis pada usulan. “Tidak ada proses (usulan, Red) di pusat,” katanya. Dia menjelaskan, usulan itu dilakukan di kantor Kemenag daerah masing-masing.

Khanif menyatakan belum mendapatkan informasi detail terkait jumlah usulan CJH lansia tersebut. Sebab, Kemenag pusat masih menunggu konfirmasi laporan dari Kemenag di daerah. Dia menerangkan, kuota untuk CJH lansia beserta pendampingnya adalah 5.000 kursi. Kemudian, 5.000 kursi lainnya diisi CJH sesuai nomor porsi antrean. Namun, imbuh Khanif, CJH kuota cadangan yang sudah melunasi BPIH pada saat pelunasan tahap kedua beberapa waktu lalu mendapatkan prioritas pengisian kuota tambahan tersebut.

Ketika pelunasan BPIH tahap kedua ditutup 10 Mei lalu, ada 5.355 CJH kuota cadangan yang melunasi BPIH. Sebanyak 1.549 orang di antaranya mengisi sisa kuota tetap saat pelunasan tahap kedua berakhir. Dengan demikian, masih ada sisa 3.806 CJH kuota cadangan yang akan diprioritaskan mengisi kuota tambahan. Lalu, 1.195 kuota diambil dari nomor porsi sesuai antrean.

Sejatinya pelunasan BPIH untuk kuota tambahan atau tahap ketiga itu dibuka pada 15 Mei lalu. Besaran BPIH kuota tambahan sama dengan kuota tetap, yakni rata-rata Rp35,2 jutaan. (jp)