News

Pelindo Sibolga Gelar Simulasi Alur Proses Pelayanan Terminal Penumpang

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Jelang dimulainya pengoperasian terminal penumpang pelabuhan Sambas Sibolga, Pelindo Sibolga, Kamis (22/8/2019) menggelar simulasi alur proses pelayanan terminal penumpang untuk keberangkatan/Departure dan kedatangan/Arrival.  Pelindo Sibolga rapat dengan stake holder pelabuhan sambas yang langsung dipimpin GM Pelindo Sibolga Suhari serta KSOP Pelabuhan Sambas Sibolga Agustia Waruwu.

Rapat yang dilaksanakan jelang beroperasinya terminal penumpang awal September 2019 untuk menerima masukan-masukan dari stake holder yang dihadiri mewakili Lanal Sibolga, Personel Kepolisian, ASDP Sibolga, mewakili TKBM, serta pihak WJL Sibolga bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam pengoperasian terminal penumpang pelabuhan Sambas Sibolga.

GM Pelindo Sibolga Suhari dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa sesuai rencana, bahwa pengoperasian terminal penumpang akan terealisasi mulai awal September 2019, oleh karena itu, diperlukan SOP (Standar Operasional) dalam menjalankan kebijakan tersebut.

“Kita berharap dalam pertemuan ini, kalau masih ada hal-hal yang penting, terutama masukan-masukan untuk realisasi proses pelayanan terminal penumpang akan kita terima dengan baik. Dan jika masih kurang, pasca beroperasi, kita akan tetap melakukan evaluasi demi peningkatan pelayanan terutama dengan pengoperasian terminal penumpang,”jelasnya.

Lanjut dia, sesuai dengan rencana yang telah dibuat, untuk alur proses pelayanan terminal penumpang untuk keberangkatan/departure, diawali dengan tahap I calon penumpang wajib membeli pass dipintu gate masuk pelabuhan, dilanjutkan dengan calon penumpang memasuki terminal, calon penumpang melakukan chek in di counter terminal penumpang, kemudian petugas terminal melakukan cek pass dan tiket penumpang, setelah itu penumpang masuk ke ruang tunggu terminal, menunggu instruksi dari petugas untuk masuk ke kapal.

“Sedangkan untuk alur Kedatangan /Arrival, penumpang turun dari kapal kedatangan, kemudian penumpang keluar melalui jalur pejalan kaki yang sudah disediakan, selanjutnya penumpang berada di halaman terminal dan penumpang yang menunggu kendaraan berikutnya naik dihalaman terminal,” jelas Suhari.

Dalam rapat tersebut, semua stake holder menyampaikan masukan terkait bagaimana SOP yang baik untuk pengoperasian terminal penumpang tersebut. Usai rapat, dilanjutkan dengan simulasi alur proses pelayanan terminal penumpang terutama untuk keberangkatan di terminal penumpang pelabuhan sambas Sibolga. (mis/osi)