News

Pelepasan Mahasiswa Baru STPS: Ciptakan SDM Berkompetensi

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga (STPS) Taruli Asi P Sipahutar SPd MAP berpesan kepada STPS agar terus berupaya dan bekerja maksimal untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang perikanan.

Penegasan ini disampaikan Taruli Asi P Sipahutar SPd MAP, Jumat (13/9) di Kampus STPS Jalan Sisingamangaraja Sibolga, pada acara pelepasan mahasiswa baru STPS. Pada kesempatan tersebut, ketua yayasan juga memberikan beasiswa kepada 33 orang mahasiswa STPS.

“Apa yang kita berikan tersebut, hendaknya dapat dimanfaatkan secara maksimal, untuk kemajuan mahasiswa dan kampus yang kita cintai ini,” harapnya.

Proses pengenalan kampus oleh mahasiswa baru STPS yang memiliki visi membangun sumber daya manusia yang handal dan professional di bidang perikanan dalam proses penerimaan mahasiswa baru telah melaksanakan rangkaian kegiatan penerimaan, diantaranya pelaksanaan upacara di depan kampus STPS tepatnya yang dihadiri sekitar 259 orang mahasiswa STPS.

Ketua STPS dalam upacara tersebut berpesan, agar mahasiswa baru yang memilih STPS haruslah yakin akan pilihannya dan bersedia mengikuti segala bentuk kegiatan pendidikan dengan menjungjung Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Semangat belajar hanya akan tumbuh dari sebuah konsistensi menjalankan kedisiplinan. Sudah banyak alumni STPS yang sukses menjalani profesinya dengan modal pendidikan yang didapat. Sebagai contoh Wakil Walikota Sibolga Bapak Edi Polo Sitanggang yang merupakan mahasiswa STPS angkatan XII,” jelasnya.

Lanjut dia,  beliau mampu menjadi salah satu teladan yang menggambarkan semangat belajar tanpa mengenal usia. Kegiatan pengenalan kampus ini dengan pelatihan dasar berbaris dan pengenalan labotorium dan balai riset STPS.

Mandapot Pasaribu, salah seorang mahasiswa sngkatan XIX memberikan pesan dan kesan pada saat malam keakraban menyampaikan bahwa sebagai seorang anggota DPRD Kota Sibolga, mengajak temannya untuk tidak pernah berhenti belajar.

“Pengalaman hidup sebagai mantan supir angkot telah memotivasi diri saya untuk menjadi seorang pemimpin yang bermanfaat buat masyarakat,” jelasnya.

Penutupan acara penerimaan mahasiswa baru, dilaksanakan pada hari Jumat (13/9/2019) oleh Bapak Famoni Gulo selaku Pembina Mahasiswa, pada kesempatan tersebut Ketua Yayasan, Taruli Asi P Sipahutar SPd MAP melepas mahasiswa untuk berolahraga bersama sekaligus memberikan cendera mata.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Yayasan yang didampingi oleh ibu pembina, Risma Mariva Lumban Gaol SPi MAP memberi semangat dan motivasi kepada mahasiswa dengan menceritakan pengalaman hidup untuk memotivasi mahasiswa agar biss sukses usai menempuh perkuliahan. (mis/osi)

iklan usi