News

Pelatihan TFG dan TWG untuk Cegah Bencana

SIANTAR, FaseBerita.ID– Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turut mengikuti Pelatihan Tactical Floor Game (TFG) dan Tactical Wall Game (TWG) yang digelar Polres Pematangsiantar. Kegiatan dalam rangka mengantisipasi bencana alam, terutama banjir di wilayah Kota Pematangsiantar itu bertempat di Aula Widya Satya Brata Polres Pematangsiantar, Selasa (23/3/2021) sekitar pukul 10.00 WIB.

Pelatihan diikuti TNI, Polri, dan instansi terkait seperti Kodim 0207/Simalungun, Brimob Subden 2B Pematangsiantar, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), BPBD, Pemadam Kebakaran (Damkar), dan Dinas Kesehatan.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK dalam sambutannya menyampaikan, Pelatihan TFG dan TWG sangat penting. Tujuannya, memberikan gambaran secara nyata yang dituangkan dalam satu media (peta). Sehingga apabila terjadi dinamika dan perubahan kondisi serta situasi terkait bencana alam, dapat dilaksanakan sesuai kondisi nyata di lapangan.

Masih kata Boy, pelatihan TFG dan TWG untuk melatih koordinasi antar instansi. Sehingga pada pelaksanaan sebenarnya nanti, dapat dilaksanakan secara maksimal.

“Kita ketahui bersama ancaman bencana banjir terus menghantui dan berdampak serius terhadap terganggunya roda perekonomian masyarakat dan mengakibatkan kerugian harta benda, kerusakan sarana prasarana publik, dan bahkan menelan korban jiwa,” terangnya.

TFG dan TWG, lanjutnya, merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengukur efektivitas dan keterpaduan konsep pelaksanaan operasi yang dihadapkan dengan berbagai permasalahan dalam rangka keberhasilan tugas pokok.

Sementara itu Walikota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM diwakili Staf Ahli Drs Daniel Siregar yang juga Kepala Pelaksana BPBD Kota Pematangsiantar mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang menginisiasi kegiatan Pelatihan TFG dan TWG.

“Kita akan lebih siap dalam menghadapi bencana alam yang akan datang. Namun kita perlu antisipasi. Diharapkan komponen yang ada di Kota Pematangsiantar bisa bekerja bersama dengan baik, untuk mensinkronkan seluruh sumber daya yang ada,” ujarnya.

Acara Pelatihan TFG dan TWG berjalan dengan simulasi yang dituangkan dalam satu media (peta) dan kesiapan masing-masing satgas TNI, Polri, dan instansi terkait sesuai skenario yang akan dihadapi. Serta memberikan tanggapan dan diskusi pada pelaksanaannya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Turut hadir, Wakapolres Pematangsiantar Kompol Dolok Panjaitan SH, Danramil 04/Siantar Barat Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf Syamsul Capah, Danki Brimob Subden 2B Pematangsiantar AKP Muktar Kadoli, Kasi Ops Dishub Kota Pematangsiantar Syahrul Gunawan, Kasat Lantas AKP Muhammad Hasan SH MH, Bhabinsa Kodim 0207/Simalungun, beberapa Kapolsek, personel Satpol PP, BPBD, dan Damkar Kota Pematangsiantar. (rel)

USI