News

Pelantikan PGRI Humbahas, Wabup: PGRI Wadah Mengikhtiarkan Kepentingan Guru

HUMBAHAS, FaseBerita.ID– Wakil Bupati (Wabup) Humbang Hasundutan (Humbahas) Oloan Paniaran Nababan SH MH mengharapkan kehadiran PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) di Humbahas akan menjadi wadah dalam memperjuangkan kepentingan guru, pendidik dan tenaga kependidikan.

Ha itu diungkapkan pada pelantikan Pengurus Cabang PGRI masa bhakti 2021-2026 di Aula Huta Mas, komplek perkantoran Tano Tubu, Dolok Sanggul pekan lalu.

“Jati diri PGRI sebagai organisasi profesi yang independen, unitaristik dan non-partisan senantiasa harus dijaga dan melekat pada pengurus, aktivis dan para guru,” kata Oloan.

Kehadiran PGRI diharapkannmembawa semangat bagi insan guru dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya, terutama membentuk karakter didik; melalui harmonisasi olah hati, olah pikir dan olah raga.

“Saya menyampaikan Selamat kepada pegurus PGRI yang baru dilantik. Kiranya dapat menjadi wadah pemersatu dan pengayom guru di Kabupaten Humbang Hasundutan,” ujarnya.

Dia juga berharap pasca pelantikan, pengurus yang baru bisa tampil, bergerak, mengabdi dan memperbaharui diri agar senantiasa adaptif dan responsive terhadap perubahan.

Dalam kesempatan yang sama, Kajari Humbahas Martinus Hasibuan SH, mewakili Forkopimda memberikan apresiasi atas terlaksananya pelantikan Pengurus baru PGRI. “Kita berharap organisasi ini membawa hasil yang maksimal dan bermanfaat demi terwujudnya peningkatatan mutu guru di Kabupaten Humbahas,” katanya.

Dijelaskan, nama PGRI tidak lepas dari lembaga kependidikan serta figur seorang ‘guru’. “Kami mengharapkan agar lembaga pendidikan terutama tenaga pendidik senantiasa meningkatkan peran strategisnya dalam membangun karakter anak bangsa dan sekaligus meningkatkan perannya sebagai suri tauladan yang baik bagi anak didiknya dan di tengah masyarakat.
Dengan demikian, kedepan akan mampu memberikan isnpirasi kepada berbagai pihak akan pentingnya peran pendidikan dalam membangun karakter anak bangsa di negara yang kita cintai ini secara khusus di Kabupaten Humbang Hasundutan,” tuturnya.

Dia berharap, nantinya PGRI di Humbahas mampu merumuskan secara komperhensif bagaimana mencetak guru-guru yang tidak hanya menjadi pengajar saja, namun juga mampu menjadi seorang pendidik yang peduli terhadap pendidikan.

“Lembaga ini juga diharapkan mampu memotivasi para guru agar bisa menjalankan tugasnya secara disiplin, bertanggungjawab dan lebih amanah,” tukasnya.

Ketua Panitia Martahan Panjaitan SPd MM, menyampaikan bahwa esensi terbentuknya PGRI di Humbahas merupakan wadah bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam menampung aspirasi, tempat saling bertumbuh dan berbagi ilmu.

“Inti dan khidmat dari keberadaan PGRI adalah untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Humbang Hasundutan,” katanya.

Untuk sekedar diketahui, Ketua PGRI tetpilih di Kabupaten Humbahas Drs Jamilin Purba MM yang dilantik langsung oleh Ketua PGRI Sumatera Utara (Sumut) Drs Abdul Rahman Siregar. (Sht)

USI