News

Pelanggan PDAM Tirtauli Bisa Usulkan Perubahan Klasifikasi Tarif

SIANTAR, FaseBerita.ID – Humas PDAM Tirtauli Rosliana Sitanggang menyebutkan bahwa keputusan Walikota Pematangsiantar Nomor 690/504/VII/WK-Thn 2013 tentang tarif air Minum PDAM Tirtauli Kota Pematangsiantar tanggal 5 Juli 2013 masih berlaku sampai saat ini dan belum ada perubahan.

Disebutkan Rosliana, bahwa klasifikasi tarif terdiri dari Sosial Umum satu, Sosial Umum dua dan Sosial Umum Khusus. Untuk tarif rumah tangga juga dibagi menjadi RT-1, RT-2, RT-3, RT-4, RT-5, RT-Hunian bersama dan RTU, selanjutnya Instansi Pemerintah.

“Begitu juga dari Niaga terdiri NK, NS, NB dan Industri terdiri dari IK, IS dan IB,” ujar Rosliana.

Dikatakan Rosliana, seandainya pelanggan PDAM Tirtauli awalnya mempunyai usaha di rumahnya sehingga tarif airnya masuk class RTU dan ternyata usahanya tutup, maka pelanggan dapat mengajukan surat permohonan turun tarif yang akan disivei oleh tim PDAM Tirtauli.

“Jika hasil survey membenarkan tidak ada usaha lagi, maka tarif akan diturunkan sesuai class rumah tersebut (RT-2 sampai RT-5),” ujar Rosliana.

Dengan cara yang sama, PDAM Tirtauli dapat melakukan perubahan clasifikasi tarif sesuai ketentuan dengan suvei yang dilakukan pencatat meter, tim pencatat ulang dan pemutusan, pegawai yang ditugaskan maupun hasil survey lembaga/perguruan tinggi yang telah dilakukan.

Dengan hasil survey tersebut dan memperhitungkan delapan parameter. Semisal, luas lantai bangunan. Maksudnya adalah, semakin luas bangunan maka semakin tinggi tarifnya. Begitu juga kondisi bangunan. Semakin mewah bangunanya maka semakin tinggi tarifnya. Dalam survey dilihat juga luas tanah persil, Lebar jalan depan rumah, tenaga listrik PLN yang digunakan, penghasilan pelanggan dan Kelas PBB.

“Intinya PDAM Tirtauli terbuka untuk melakukan reclasifikasi tarif sesuai kondisi akhir rumah pelanggan. Tentu ada dulu pemberitahuan kepada kami,” katanya.

Reclesifikasi tarif tersebut merupakan pekerjaan rutin yang setiap saat dilakukan agar tarif tetap sesuai dengan kondisi saat ini. Reclasifikasi tarif yang sama juga dilakukan dengan cara yang sama oleh PT Perusahaan Listrik Negara dengan clasifikasi tarif sesuai ketentuan PT PLN. (pra)

USI