News

Pelaksanaan BOS Afirmasi 2019, Kepala Sekolah di Palas Diperiksa Kejari

FaseBerita.ID – Sejumlah kepala sekolah SD dan SMP, penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) afirmasi tahun anggaran 2019 di Kabupaten Padang Lawas (Palas) diperiksa kejaksaan negeri palas. Satu per satu kepala sekolah tersebut memenuhi panggilan kejaksaan negeri itu sejak Selasa (8/6). Dan, hingga Rabu (9/6) pemeriksaan terkait pelaksanaan BOS afirmasi ini masih berlanjut.

Salah satu kepala sekolah SD di Lubuk Barumun saat dikonfirmasi usai diperiksa mengaku pemeriksaan ini terkait penggunaan dana BOS afirmasi 2019. Mereka ditanyai seputar apa saja yang dibelanjakan. Dan kemana dibelanjakan.

“Ada beberapa jenis barang yang dibelanjakan, seperti komputer, laptop, tablet, infocus, hardisk, dan wifi. Pas puasa kemarin barang sudah datang,” sebut kepala sekolah yang enggan diberitakan ini.

Disinggung penggunaan afirmasi ini diduga diarahkan dari dinas pendidikan, kepala sekolah ini tidak menampik.

“Kalau tidak diarahkan, kita mau gimana. Perbelanjaannya pun kan lewat sipla, dan ada jenis barang contohnya disitu, apa saja yang hendak kita belanjakan. Ya kita transfer (bayar, red) ke perusahaan penyedianya itu,” jelas Kepsek ini.

Kajari Palas Kristanti Yuni Purnawanti melalui kasi intel Parlindungan Sidauruk membenarkan pemeriksaan tersebut. Yakni kepala sekolah SD dan SMP penerima BOS afirmasi 2019.

“Ya, pelaksanaan dana bos afirmasi tahun 2019 di kabupaten palas,” kata Parlindungan Sidauruk lewat aplikasi pesannya.

Sedang Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Palas Hj Rosida Pulungan yang dihubungi terkait pemeriksaan sejumlah kepala sekolah itu mengaku tidak tahu detailnya. Informasi lebih lanjut, diarahkan kepada Dedi, oknum yang mengelola dana BOS di dinas pendidikan. “Sama si Dedi aja, dia yang tahu itu berapa sekolah yang menerima afirmasi itu,” tandas Rosida.

Info yang didapat, pemeriksaan ini masih akan berlanjut hingga Kamis (10/6). (tan)