News

Pekerjaan TMMD ke-107 Rampung, Dansatgas Serahkan ke Bupati Simalungun

FaseBerita.ID – Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 di Kabupaten Simalungun telah rampung.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-107 Lektkol Inf Frans Kishin Panjaitan pun telah menyerahkan hasil pekerjaan kepada Bupati Simalungun JR Saragih.

Penyerahan digelar di Aula Makoramil 08/Siantar, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (14/4) sekira pukul 09.00 WIB. Acara tersebut sekaligus sebagai menutup TMMD ke-107 yang sudah berlangsung selama 30 hari.

Kegiatan dihadiri Danrem 022/Pantai Timur diwakili Kasi Log Korem 022/PT Letkol Inf Henri Siregar, Kajari Simalungun Gloria Sinuhaji, Kajari Pematangsiantar Herrus Batubara, dan Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus.

Hasil pekerjaan yang diserahkan yakni peningkatan jalan sepanjang 1,5 kilometer dari Simpang Puli Buah menuju Nagori Puli Buah, Kecamatan Raya Kahean, Simalungun. Kemudian, peningkatan jalan sepanjang 1,5 kilometer di Nagori Parjalangan menuju Simpang Raya Huluan, Kecamatan Dolog Masagal, Simalungun, dan pembukaan jalan sepanjang 6.138 meter dari Simpang Sombul Hasurungan, Nagori Durian Banggal, Kecamatan Raya Kahean, menuju Nagori Sinasih, Kecamatan Silou Kahean, Simalungun.

Selama pelaksanaan TMMD, Satgas juga melakukan kegiatan Bedah Rumah Tidak Layak Huni 2 unit, pembangunan kamar mandi dan WC di SMP Swasta GKPS Sinda Raya, menggelar kegiatan bela negara, sosialisasi pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), serta pembuatan lapangan bola voli untuk masyarakat.

Atas pekerjaan itu, masyarakat di Kecamatan Raya Kahean, Kabupaten Simalungun, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Letkol Frans Kishin Panjaitan yang juga Dandim 0207/Simalungun.

“Kami sangat bersyukur. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Dandim. Selama ini, kami nggak bisa melewati jalan ini. Tapi, sekarang sudah bisa,” kata M Purba, salah seorang warga.

Dia mengungkapkan, jalan dari Simpang Puli Buah menuju Nagori Puli Buah, Kecamatan Raya Kahean, Simalungun, sebelumnya tidak bisa dilalui karena kondisinya sangat rusak dan berlumpur ketika hujan turun.

“Apalagi kalau turun hujan, lumpur semua. Anak-anak jadi sulit kalau mau ke sekolah. Kalau ada yang kena lumpur, nggak jadi ke sekolah,” kata M Purba.

Begitu pula dengan jalan sepanjang 6.138 meter dari Simpang Sombul Hasurungan, Nagori Durian Banggal, Kecamatan Raya Kahean, menuju Nagori Sinasih, Kecamatan Silou Kahean, Simalungun, yang sebelumnya curam dan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

“Dulu, jalannya ini curam. Jurang semua. Kereta (sepedamotor) nggak bisa masuk. Sekarang sudah bisa,” kata B Saragih, warga Nagori Durian Banggal.

Kedua jalur yang sudah dibuka itu juga sudah dapat dilalui masyarakat untuk membawa dan menjual hasil tani mereka.

Tak hanya warga, Camat dan Kapolsek Raya Kahean mengapresiasi kegiatan TMMD ke-107 yang dipimpin Dansatgas Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan.

Salah satu kegiatan TMMD yang diapresiasi adalah pembukaan jalan sepanjang 6.138 meter dari Simpang Sombul Hasurungan, Nagori Durian Banggal, Kecamatan Raya Kahean, menuju Nagori Sinasih, Kecamatan Silou Kahean, Simalungun.

“Pembukaan jalan ini sangat membantu masyarakat. Selama ini, masyarakat di lingkungan ini kesulitan menjual hasil bumi dan berbelanja bahan pokok,” kata Camat Raya Kahean Firdaus Girsang, beberapa hari lalu.

Selain itu, sambung Firdaus, sebelum diperbaiki, pelajar Sekolah Dasar (SD) kesulitan untuk melewati jalan itu.

“Anak SD yang mau sekolah, tiap hari melewati tebing-tebing yang curam. Itu sangat berbahaya. Jalan ini juga untuk menunjung akses masyarakat untuk berhubungan dengan masyarakat lain,” jelasnya.

Tak lupa, Firdaus mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0207/Simalungun yang telah membantu masyarakat.

“Mudah-mudahan jalan ini tetap dirawat. Kami juga mengimbau agar tetap dirawat sehingga berguna untuk jangka panjang,” ujarnya.

Sementara itu, Letkol Frans mengatakan, apa yang sudah selesai mereka kerjakan itu tak lain merupakan bentuk pengabdian untuk negeri.

“TNI harus mengabdi kepada rakyat dan negara. Karena bersama rakyat, TNI kuat,” tegasnya, seraya menambahkan pekerjaan Satgas TMMD sudah selesai 100 persen dan siap digunakan masyarakat. (rel)