News

Pekan Olahraga Provsu 2019: Labuhanbatu Raih 2 Emas, 8 Perak, 13 Perunggu

RANTAUPRAPAT, FaseBerita.ID – Prestasi yang diraih Kabupaten Labuhanbatu di ajang Porprovsu tahun 2019 meningkat atau lebih baik dari capaian pada Porprovsu tahun 2014 lalu. Pada tahun ini, Labuhanbatu meraih 2 medali emas, sedangkan di tahun 2014, Labuhanbatu hanya meraih 1 medali emas.

Ketua KONI Labuhanbatu Fery Wijaya yang akrab disapa Alung, Porprovsu 2019 yang ditutup Sabtu (29/6/2019) di Medan, kontingen Labuhanbatu meraih 2 medali emas, 8 perak dan 13 perunggu. Perolehan medali itu antara lain dari cabang olahraga (cabor) tinju meraih 1 emas, 1 perak, 3 perunggu. Dari cabor catur juga meraih 1 emas ditambah 1 perak.

Kemudian, cabor bilyar dapat 1 perak dan 6 perunggu, silat1 perak, gulat 1 perak dan 2 perunggu, binaraga 2 perak, angkat besi1 perunggu, bola voli putera 1 perak dan puteri 1 perunggu.

Khusus untuk catur, Labuhanbatu meraih juara umum 3, setelah Kabupaten Tanah Karo dan Batubara. Untuk dua cabang olahraga lainnya, yaitu atletik dan karate, belum berhasil meraih satu medali pun.

“Total medali yang kita peroleh yakni 2 medali emas, 8 perak dan 13 perunggu. Artinya capaian ini lebih baik dari Porprovsu tahun 2014 yang mana Labuhanbatu hanya meraih 1 medali emas. Tentunya ini patut kita syukuri,” kata Fery Wijaya kepada wartawan di Kantor KONI Labuhanbatu, Minggu (30/6/2019).

Mengenai capaian Labuhanbatu itu, Fery menilai sudah merupakan prestasi luar biasa, mengingat kepengurusan KONI di bawah kepemimpinannya baru di sahkan April 2019. “Kami baru menjadi pengurus di April. Langsung melakukan persiapan yang cukup singkat. Anak-anak berlatih pun di bulan puasa. Tetapi meski demikian, mereka mampu membawa nama baik Labuhanbatu. Jadi kami pikir, capaian ini sudah luar biasa,” terangnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemkab Labuhanbatu Ade Huzaini menambahkan, selain perolehan medali, terdapat pula sebanyak 11 atlit Labuhanbatu yang ikut Porprovsu, masuk dalam seleksi atlit Pra PON Sumatera Utara dan 1 lainnya tercatat sebagai Atlit Binaan Sumut (ABS).

“Saya dan Ketua KONI Labuhanbatu mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Labuhanbatu atas fasilitas yang diberikan mulai dari persiapan sampai pemberangkatan atlet ke Porprovsu. Demikian pula kepada masing-masing pengurus cabang olahraga, pelatih dan para atlit, terima kasih atas partisipasinya,” ujarnya. (nik)