News

Pejalan Kaki Buang Sabu ke Jalan

SIBOLGA, FaseBerita.ID– Seorang pejalan kaki di Jalan KH Ahmad Dahlan tiba-tiba membuang sesuatu ke tanah. Curiga dengan gelagat pria tersebut, polisi kemudian mengamankannya dan memeriksa benda yang dibuang tersebut.

Dari hasil pemeriksaan, benda tersebut ternyata sabu-sabu, yang baru saja dibeli pria yang diketahui berinisial R alias B (27) itu dari seseorang yang identitasnya telah dikantongi petugas di Jalan Jati arah laut Sibolga.
Penangkapan warga Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuran Bambu, Sibolga Sambas, tersebut bermula dari informasi masyarakat yang diterima polisi.

“Setelah kita terima informasi, R kita amankan saat berjalan kaki di Jalan KH Ahmad Dahlan, Minggu (7/3) sekira pukul 21.30 WIB. Saat itu, dia sempat membuang barang bukti. Ternyata, dia baru saja belanja sabu dari seseorang di Jalan Jati arah laut,” terang Kapolres Sibolga AKBP Triyadi dalam keterangannya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, Sabtu (27/3) lalu.

Menurut R, Sabu tersebut merupakan pesanan temannya, yang hendak dikonsumsi bersama.

“Waktu R sedang makan di rumahnya datang temannya (identitas telah dikantongi) mengatakan, kawan, ini ada uang Rp300 ribu belikan sama aku sabu-sabu. R menjawab, carilah di situ di Jalan Selamat, ada itu. Temannya menjawab, kalau aku yang beli nggak dikasihnya. Kemudian, R menerima uang sebanyak Rp300 ribu dan mengatakan, kalian tunggu di simpang gang ini ya, nanti kalau ditengoknya, nggak dikasihnya. Kemudian temannya masuk ke dalam gang dekat tembok. Sementara R pergi menemui orang yang biasa menjual sabu padanya,” ungkap Sormin.

Pria yang kesehariannya berprofesi sebagai nelayan tersebut kemudian menyerahkan uang kepada penjual sabu.
Setelah menerima uang, penjual pun pergi dan menyuruh R untuk menunggu. Tak lama kemudian, muncul seseorang dan menyerahkan sabu sesuai pesanan.

“Ini ada uangku Rp300 ribu, belanja aku. Setelah uang diberikan R, orang tersebut mengatakan, tunggu sebentar ya, kemudian pergi meninggalkannya. Kemudian datang seorang pria yang tidak dikenal R, menyerahkan 1 bungkus sabu, terbungkus plastik bening,” tukas Sormin.

Kemudian R berencana menemui temannya yang menunggu di gang sambil menggenggam Sabu di tangan kirinya. Saat itulah, petugas datang menangkapnya.

“Setelah urinenya dites, ternyata mengandung Amphetamine,” pungkasnya.

Usai menjalani pemeriksaan, R kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di RTP Polres Sibolga.
Diduga telah melakukan tindak pidana, setiap orang tanpa hak atau melawan hukum membeli, menerima atau menjadi perantara dalam jual beli Narkotika Golongan I atau memiliki, menyimpan, menguasai dan menyediakan Narkotika Golongan I jenis bukan tanaman (Sabu), sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat (1) Subsider pasal 112 ayat (1) dari Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (ts/fabe)

USI