News

Pdt Robinson Butarbutar Ephorus HKBP 2020-2024

FaseBerita.ID – Pdt Robinson Butarbutar dikabarkan terpilih menjadi Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dalam Sinode Godang yang berlangsung di Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut pada Jumat, 11 Desember 2020.

Terlihat sejumlah ucapan selamat disampaikan beberapa pihak di media sosial Facebook seperti grup Facebook Menuju HKBP 1 dan sejumlah grup WhatsApp.

Informasi diperoleh dari Mangaliat Simarmata, warga jemaat HKBP yang berada di lokasi kegiatan Sinode Godang mengatakan, pemilihan berlangsung dengan dua calon, yakni Pdt Robinson Butarbutar dan Pdt Martongo Sitinjak.

Dalam pemilihan putaran pertama, Pdt Robinson Butarbutar meraih 734 suara, sedangkan Pdt Martongo Sitinjak meraih 277 suara, serta 1 suara tak sah.

Dari perolehan tersebut hampir dipastikan Pdt Robinson menjadi Ephorus HKBP periode 2020-2024.

Pdt Robinson sebelumnya merupakan Ketua Rapat Pendeta HKBP. Dia merupakan kelahiran Bah Jambi, Kabupaten Simalungun, Sumut pada 1 Januari 1961.

Sekolah dasar hingga SMA ditempuh di Kabupaten Simalungun, tamat dari STT HKBP Kota Pematangsiantar, S2 di Inggris, dan menyelesaikan S3 di Singapura.

Pria yang beristrikan Srimiaty Rayani Simatupang, ini dalam visinya menjalankan kepemimpinan, menginginkan transformasi di HKBP.

Misinya mewujudkan Visi HKBP menjadi berkat bagi dunia, dan mottonya melayani dengan kerendahan hati atau serep roha.

Strateginya ke depan sebagai pemimpin HKBP adalah melaksanakan Renstra HKBP 2020-2024 sesuai hasil Sinode Godang 2020 secara konsisten dan bergairah.

Kemudian, merapikan pelaksanaan sistem kepersonaliaan HKBP yang tangguh, adil transparan, kompeten, dan akuntabel dalam rekruitmen, penempatan pemberdayaan lanjut, kesejahteraan ketika aktif, dan pensiun maupun sakit.

Lalu meningkatkan usaha pemuridan Kristus di tengah-tengah HKBP, mengadakan pelatihan pemimpin gerejawi dan nilai-nilai di berbagai bidang secara maraton, untuk pelayanan penuh dan paruh waktu maupun warga untuk melaksanakan tugas-tugas gereja menuju Indonesia maju.

Lalu memampukan pelaksanaan ketiga tugas gereja secara bersemangat, termasuk secara urgent menjadi mitra konstruktif, dan kritis pemerintah dalam menjadikan Danau Toba sebagai pusat destinasi pariwisata nasional.

Diketahui, ephorus merupakan pemimpin tertinggi di HKBP. Jabatan ini dipilih sekali empat tahun bersama dengan sekretaris jenderal, dan tiga kepala departemen, yakni marturia, diakonia dan koinonia. Ephorus HKBP periode 2016-2020 adalah Pdt Darwin Lumbantobing. (tagar/fabe)

USI