News

PDP Asal Sibolga Meninggal: Sempat Dirujuk ke Medan

FaseBerita.ID – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kota Sibolga yang dirujuk ke RS Martha Friska Medan dinyatakan meninggal dunia.

Kadis Kesehatan Kota Sibolga Firmansyah Hulu yang juga Kordinator Gugus Tugas Percepatan Pananganan Covid-19 Kota Sibolga menjelaskan, pasien meninggal dunia pada Rabu (6/5) lalu sekira pukul 06.40 WIB.

Kemudian pasien dikebumikan di lokasi pemakaman Simalingkar B, Kota Medan dengan protokol Covid-19.

“Untuk hasil swab-nya belum keluar,” ujar Firmansyah Hulu.

Sebelumnya, Firmansyah Hulu menjelaskan, pasien berinisial RM berjenis kelamin laki-laki dan berusia 67 tahun dan berdomisili di Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga. “Pasien sempat dirawat di RSUD dr FL Tobing Sibolga sejak 1 Mei 2020 hingga tanggal 5 Mei 2020. Keluhannya demam, kaki dan tangan tidak dapat digerakkan, karena terjatuh di kamar mandi,” jelasnya.

Firmansyah menjelaskan, pasien tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan, batuk tidak ada dan sesak napas juga tidak ada. “Pasien menjalani rapid test pertama, tanggal 1 Mei 2020, dan hasilnya nonreaktif. Hasil rontgen menunjukkan pembesaran jantung dan bayangan paru kabur,” bebernya.

Menurut Firmansyah, pasien menjalani opname di Rumah Sakit Umum dr FL Tobing sejak tanggal 1 Mei 2020, hingga dirujuk ke RS Martha Friska Medan pada hari Selasa (5/5) sekira pukul 17.48 WIB.

“Pada hari yang sama yakni Selasa (5/5), pasien kembali di rapid test dan hasilnya reaktif. Kondisi pasien dalam keadaan demam, batuk dan sesak napas, sehingga pasien ditetapkan sebagai PDP. Itu masih hasil rapid test, jadi pasien belum bisa dipastikan positif atau tidak,” jelasnya seraya mengatakan petugas RSU FL Tobing juga telah melakukan swab test dan sudah mengirimkannya ke Dinkes Provinsi Sumatera Utara.

Pada kesempatan itu, Firmansyah mengimbau agar masyarakat tidak terlalu panik terkait meninggalnya PDP itu, sebab almarhum belum tentu positif Covid-19 sesuai swab test.

“Dalam pencegahan Covid-19, masyarakat untuk disiplin serta menaati protokoler kesehatan pencegahan Covid-19, seperti stay at home, work from home, social distancing, physical distancing, rajin cuci tangan pakai sabun, olah raga dan apabila terpaksa ke luar rumah agar selalu memakai masker,” tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan update data terkini kasus corona di Kota Sibolga, seperti dilihat dari situs resmi milik Pemko Sibolga di https://corona.sibolgakota.go.id hari Kamis 7 Mei 2020 pukul 09.30 WIB sebagai berikut, Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 30 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 3 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil, positif nihil dan meninggal juga nihil. Sedangkan ODP selesai pemantauan sebanyak 31 orang dan OTG selesai pemantauan sebanyak 9 orang. (rb)