News

PDIP ‘Diserbu’ Balon Bupati Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Sejak pembukaan pendaftaran bakal calon (balon) Bupati Simalungun, kantor sekretariat Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP), di Jalan Asahan, Komplek Griya, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, diserbu para kandidat.

Hingga hari kedua, Rabu (4/9/2019) sekitar pukul 14.30 WIB, sudah ada tujuh kandidat mengambil formulir pendaftaran.

Ketujuh kandidat tersebut yaitu Amran Sinaga, Radiapo Sinaga, Saut Bangkit Purba, dan Jufriaman Saragih.

Kemudian, Tumbur Napitupulu, Gideon Purba, dan Samsudin Siregar.

Sedangkan untuk kandidat Wakil Bupati Simalungun yang telah mengambil formulir yakni Abu Sofyan Siregar. Abu Sofyan tercatat masih sebagai anggota DPRD Simalungun yang masa jabatannya berakhir 25 September 2019.

Ketua Tim Penjaring Balon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun DPC PDIP Kabupaten Simalungun Maraden Sinaga saat dihubungi via seluler kemarin mengatakan, pihaknya melaksanakan seleksi para bakal calon melalui fit and propert test.

“Kita akan melakukan seleksi para balon bupati dan wakil bupati. PDIP Simalungun mencari sosok calon bupati yang siap bekerja untuk rakyat Simalungun,” tegasnya.

Masih kata Maraden, akan ada hal-hal yang ditanyakan kepada para kandidat terkait komitmen tentang nawacita, penegasan ideologi partai, kesiapan mengikuti sekolah partai, komitmen tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan menolak paham radikalisme. Juga penegasan tentang ideologi kerakyatan dengan sistem budaya gotong-royong, dan hal-hal lain yang bersifat internal.

“PDIP akan mengadakan fit and propert test kepada balon terkait pendalaman visi dan misi, komitmen kebangsaan, yakni 4 pilar + nawacita + prinsip berdaulat di bidang politik, mandiri ekonomi + berkepribadian secara budaya. Juga kesiapan (strategi) pemenangan dan rencana pasangan calon,” jelas anggota DPRD Simalungun terpilih periode 2019-2024 ini.

Sedangkan anggota Tim Penjaring, Edy Rusman Purba saat ditanya mengatakan pendaftaran dan pengambilan berkas dimulai Selasa (3/9/2019) hingga Minggu (8/9/2019). Sementara pengembalian berkas sekaligus fit and proper test 9-16 September 2019.

“Masih hari kedua, sudah tujuh balon bupati dan satu wakil mengambil berkas. Kemungkinan akan bertambah. Kita sifatnya menunggu sampai pengambilan formulir ditutup,” sebutnya.

Masih kata Edy, para balon yang masih berkeinginan maju dari PDIP, masih ada waktu hingga Minggu (8/9/2019). Ia berharap saat tiba waktunya para balon mengembalikan formulir sebagai bukti konkret telah resmi mendaftar sebagai perwakilan dari PDIP.

“Waktu masih ada empat hari lagi. Kalau berkas formulir sudah dikembalikan, berarti resmi mendaftar sebagai perwakilan PDIP,” jelasnya. (mag-05)

iklan usi