News

PDAM Tirta Nauli Sibolga Diskon Tagihan Air Tiga Bulan

FaseBerita.ID – Guna meringankan beban masyarakat Kota Sibolga di masa pandemi Covid-19, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Nauli Sibolga memberikan diskon pembayaran tagihan air selama tiga bulan dari April sampai Juni.

“Pada kesempatan ini, kami juga mengumumkan bahwa PDAM Tirta Nauli Sibolga memberikan diskon pembayaran rekening air dari mulai bulan Mei. Dengan klasifikasi Rumah Tangga Tipe 1 (Satu) diskon 40%, Rumah Tangga Tipe 2 (Dua) 30%, dan Rumah Tangga Tipe 3 (tiga) 30%,” kata Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk dalam sambutannya di acara penyaluran paket sembako kepada masyarakat yang terdampak ekonomi akibat mewabahnya virus corona (Covid-19), Selasa (5/5).

Hadir di acara itu, Wakil Walikota Edi Polo Sitanggang, Sekda M Yusuf Batubara, Direktur PDAM Tirta Nauli Marojahan Panjaitan dan jajarannya, camat se Kota Sibolga dan ratusan masyarakat penerima bantuan.

Menurut Syarfi, keringanan pembayaran air PDAM itu merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga terhadap warga Kota Sibolga pelanggan air PDAM Tirta Nauli.

“Kemarin juga kita sudah memberikan keringanan kepada para pedagang di Pasar Sibolga Nauli dan pasar lainnya. Begitu juga terhadap hotel dan restoraan yang ada di Kota Sibolga,” tegas Syarfi seraya berharap hal itu bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Sebelumnya, Direktur PDAM Tirta Nauli Sibolga Marojahan Panjaitan melaporkan, perusahaan yang dipimpinnya itu menyalurkan sebanyak 1.080 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak ekonomi akibat mewabahnya virus corona (covid-19).

“Pembagian sembako dibagikan secara merata sebanyak 60 paket di setiap kelurahan di Kota Sibolga. Kemudian masing-masing 30 paket untuk kelurahan Sarudik dan Mela, dimana PDAM Tirta Nauli Sibolga memiliki wilayah teknis,” beber Marojahan.

Pembagian sembako berupa beras 1 karung ukuran 10 kg, minyak goreng 1 kg dan telur ayam 1 papan itu, sambung Marojahan, dilaksanakan selama 2 hari hingga Rabu 6 Mei 2020.

“Hal ini sebagai salah satu upaya kita meminimalisir kumpulan orang dengan membuat pembagian sebanyak 2 tahap. Tahap pertama yakni Selasa 05 Mei 2020 pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB khusus Kecamatan Sibolga Utara, kemudian pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB untuk Kecamatan Sibolga Kota,” jelasnya.

Untuk pembagian tahap kedua pada Rabu, 6 Mei 2020 (hari ini, red) dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB untuk Kecamatan Sibolga Sambas, Kelurahan Sarudik dan Desa Mela. “Sedangkan pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB untuk Kecamatan Sibolga Selatan,” tandasnya.

Terkait diskon pembayaran tarif air, Marojahan menjelaskan bawah rumah tangga 1 yakni pelanggan yang rumahnya hanya berfungsi sebagai tempat tinggal tanpa ada kegiatan usaha dengan kriteria luas bangunan kurang lebih 36 M2, lantai tanah/apapan dan tidak bertingkat serta daya listrik 450 Watt.

“Untuk rumah tangga 2 yakni pelanggan yang rumahnya hanya berfungsi sebagai tempat tinggal tanpa ada kegiatan usaha dengan kriteria luas bangunan kurang lebih 36 M2 hingga 54 M2, permanen dan semi permanen dan daya listrik sekitar 900 Watt,” jelasnya.

Sedangkan untuk rumah tangga 3, sambungnya, yakni pelanggan yang bangunannya selain sebagai tempat tinggal, didalamnya terdapat suatu kegiatan usaha untuk mendapatkan keuntungan misalnya warung, rumah kost, bengkel kecil, penjahit pakaian dan pangkas rambut.

“Seluruh pelanggan dalam kategori tersebut didiskon selama tiga bulan, yakni mulai bulan April hingga bulan Juni,” ujarnya. (rb)