News

PD Pemuda Muhammadiyah Pematangsiantar Dilantik

Kepengurusan Ini Sah Secara Defacto, Jalankan Amanah

SIANTAR, FaseBerita.ID– Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Pematangsiantar periode 2018-2022, dilantik, di Conventional Hall Siantar Hotel, Kamis (22/10) siang. Pelantikan ini sekaligus diisi seminar kebangsaan oleh Sunanto SHI MH, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah.

Acara pelantikan dengan mengusung tema; Membangun Sinergi Dakwah Islam yang Menggembirakan untuk Kota Pematangsiantar yang Berkemajuan, dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ananda Fahmil. Lalu, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah dan PD Pemuda Muhhamdiyah.

Ketua panitia Abror Nasution dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara pelantikan ini. “Sekali lagi, saya berterimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara pelantikan ini,” sebut Abror.

Usai menyampaikan kata sambutan, prosesi pelantikan pun dimulai. Satu per satu pengurus PD Pemuda Muhammadiyah Kota Pematangsiantar dipanggil ke depan. Selanjutnya, bersama-sama membacakan sumpah pelantikan.
“Dengan penuh tanggung jawab siap menjalankan tugas yang diamanahkan kepada kami sebagai Pemuda Muhammadiyah Kota Pematangsiantar,” ucap seluruh pengurus yang dilantik, termasuk Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Pematangsiantar Aris SH.

Selesai dilantik, acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak-anak Panti Asuhan Aisyiyah, yang diserahkan langsung oleh Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kota Pematangsiantar Aris SH didampingi Sekretaris dan pengurus lainnya.

Aris, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah berjuang bersama. “Ini kemenangan kita semua PD Pemuda Muhammadiyah Pematangsiantar. Tetap semangat! Jangan kendur. Selalu bergerak dengan menggembirakan,” ajak Aris.

Aris menegaskan, pemuda Muhammadiyah juga harus mengambil peran sinergi dakwah kepada semua OKP, Ormas dan stakeholder pemerintahan untuk menjadi satu kekuatan umat untuk membangkitkan Islam di Kota Pematangsiantar.

Wakil Sekretaris PD Muhammadiyah Pematangsiantar, Hamdan Nasution, menyebut, atas nama PD Muhammadiyah menyambut positif pelantikan Pemuda Muhammadiyah. “Saya secara pribadi, mendukung. Kepengurusan ini sah secara defacto. Jalankan Amanah. Bikin rapat kerja pimpinan. Untuk Ayahanda dan ibunda, mari bantu anak-anak kita ini dengan pemikiran,” tutup Hamdan Nasution.

Mewakili Pemerintah Kota, dalam hal ini Kakan Kemenag Drs H M Hasbi MH yang diwakili oleh Amrial Saragih SAg, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Siantar Barat, mengajak semua untuk sama-sama senantiasa berdoa, agar PD Pemuda Muhammadiyah bisa jadi perekat umat di Kota Pematangsiantar.

“Harapan kami, semoga PD Pemuda Muhammadiyah bisa berkibar dengan baik dan bersinergi dengan baik. Sekali lagi selamat. Tetap memegang prinsip selalu berlomba-lomba dalam kebaikan,” ucap Amrial.

Kemudian suasana acara yang semula mengalir formal, berubah cair ketika dr Susanti Dewayani SpA selaku tokoh masyarakat di Kota Pematangsiantar bercerita singkat tentang pemuda dalam dunia perkuliahan.

“Ada empat tipe mahasiswa yang sedang duduk di bangku kuliah. Pertama, tipe kupu-kupu; kuliah puliang, kuliah pulang. Kedua, tipe kura-kura; kuliah rapat, kuliah rapat. Ketiga, tipe kuda-kuda; kuliah dagang, kuliah dagang. Terakhir, kunang-kunang; kuliah nangkring, kuliah nangkring,” sebut dr Susanti dengan suara lembutnya dan langsung disambut tawa hadirin yang datang.

Susanti menambahkan, jenis mahasiswa yang mana pun itu, kalau ada di PDPM sudah berada di jalan yang benar. Di mana, wadah untuk berbuat ke masyarakat sudah terbuka lebar. “Fungsi pemuda bisa dilakukan dimulai dari di lingkungan terdekat. Apa yang bisa kita lakukan? Apa yang dibutuhkan masyarakat? Pemuda diharapkan bisa membantu menampung aspirasi masyarakat, sekaligus menjadi agen perubahan. Sekali lagi, selamat atas pelantikan ini. Semoga amanah dan dirahmati oleh Allah SWT,” pungkas dr Susanti.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara Amrizal SSi, menegaskan salahsatu bukti soliditas Pemuda Muhammadiyah adalah dengan hadirnya sejumlah pengurus PD Pemuda Muhammadiyah dari berbagai daerah di Sumatera Utara, seperti dari PDPM Kota Tebing Tinggi, PDPM Kabupaten Dairi dan Phakpak Barat, hingga Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah.

“Berpemuda Muhammadiyah adalah pilihan kita. Ketika memilih ini, apa yang bisa kita lakukan untuk berjuang untuk menebar kebaikan. Ayo tunjukkan kepada masyarakat bahwa Pemuda Muhammadiyah bermanfaat. Khusus untuk PDPM yang baru dilantik, ayo miliki kemanfaaatan untuk Kota Pematangsiantar. Ayo bergerak, susun program. Kita harus bermanfaat, harus menunjukkan eksistensi. Pemuda Muhammadiyah adalah alat perjuangan maka gunakan untuk menunjukkan kemanfaatan,” bebernya.

Usai penyampaian kata sambutan, acara dilanjutkan dengan Seminar Kebangsaan yang diisi oleh Sunanto SHI MH, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, atau yang biasa disebut Cak Nanto.

Dalam kegiatan ini, Cak Nanto juga menerima cenderamata khas dari Kota Pematangsiantar berupa miniatur becak BSA yang terbuat dari kayu dan diserahkan langsung oleh Presiden BOMS H K Erizal Ginting dan Anggota DPRD Kota Pematangsiantar Boy Iskandar Warongan. Selain itu, tamu istimewa yang hadir juga menerima Gotong, topi Adat batak Simalungun.

Adapun kepengurusan PD Pemuda Muhhamadiyah yang dilantik adalah, Ketua Aris SH, Sekretaris Ahmad Arif Kurnia Silalahi SPd dan Bendahara Yoandi Putra Harahap SPd.I. Acara pelantikan yang tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti pakai masker, jaga jarak, hingga cuci tangan dan pemakaian hand sanitizer ini juga dihadiri sejumlah OKP; GP Ansor Kota Pematangsiantar, Pemuda Al-Washliyah, dan lainnya.(Ann)