News

Pawai Takbir Idul Adha Berkumandang di Kisaran

Sembelih 110 sapi, 11 kambing dan 22 domba

FaseBerita.ID – Menyambut Hari Raya Idul Adha, Pemkab Asahan menggelar pawai takbir bersama yang dilepas langsung oleh Plt Bupati Asahan H Surya BSc. Sebelum pawai takbir, acara penyambutan Idul Adha didahului dengan buka puasa bersama di aula Melati Kantor Bupati Asahan, Sabtu (10/8/2019).

Sebanyak 73 kenderaan roda empat berangkat dari halaman kantor Bupati Asahan dengan para pesertanya berasal dari pejabat Pemkab Asahan mulai dari kecamatan, kantor, dinas dan Badan se-Kabupaten Asahan.

“Gema takbir di malam Idul Adha sebagai refleksi semangat umat Islam yang tengah bersuka cita menyambut hari raya kurban. Kegiatan ini akan semakin menyemarakkan dan menambah semangat bagi masyarakat khususnya umat Islam dalam menyambut hari raya Idul Adha,” kata Surya.

Pihaknya juga berharap hari raya Idul Adha dijadiakan momentum untuk menambah semangat motivasi diri dalam berkurban untuk banyak hal yakni demi terciptanya pelayanan masyarakat yang baik dan pembangunan merata sebagaimana visi misi Pemkab Asahan.

“Ada empat hal yang menjadi hakikat dibalik hari raya Idul Adha ini yakni ibadah haji, puasa arafah, shalat Id dan ibadah qurban,” pungkasnya.

Alustadz H Salman Abdullah Tanjung Lc MA dalam tausiyah menyampaikan bahwa pada hari Raya Idul Adha 1440 H tahun ini marilah kita memperkuat Ikatan Ukhuwa Islamia, sehingga kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan di Negara yang kita cintai ini.

Sebelum melaksanakan pawai takbir Plt Bupati Asahan bersama dengan Dandim 0208 Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Kapolres Asahan, Sekretaris Daerah, Kakankemenag, Ketua MUI, Ketua Imtaq, Ketua FKUB, OPD, Camat dan para tamu undangan melakukan buka puasa bersama di Aula Melati Kantor Bupati Asahan.

Sementara itu pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha, Pemkab Asahan memusatkannya di Mesjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, dengan daya tampungnya mencapai ribuan jemaah. Sedangkan untuk penyembelihan hewan kurban dilakukan di pelataran parkir alun alun Rambate Rata Raya Kisaran.

Hari Raya Idul Adha oleh jajaran Pemerintahan Kabupaten Asahan tahun 1440 Hijriah penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di belakang halaman Mesjid Agung Ahmad Bakrie. Sebanyak lebih dari 7 ribu daging kurban dibagikan kepada masyarakat fakir miskin dan dhuafa yang membutuhkan.

“Pembagian daging hewan qurban harus betul-betul tepat sasaran, sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat serta kaum dhuafa yang membutuhkan untuk bisa merayakan Hari Raya Idhul Adha bersama-sama,” kata Plt Bupati Asahan H Surya B Sc, disela sela menyaksikan penyembelihan hewan kurban, Rabu (22/8/2019).

Hewan kurban tersebut merupakan hasil pengumpulan yang dihimpun dari Dinas, Badan, Kantor, Bagian, BUMN, BUMD, Instansi Vertikal di lingkungan Pemkab Asahan. Dalam acara penyembelihan tersebut turut disaksikan oleh Plt Bupati Asahan H Surya B Sc, beserta pimpinan organisasi perangkat daerah.

Idul Adha dikatakan Plt Bupati Asahan sebagai momentum penguatan ukhuwah silaturahmi antar pejabat dilingkungan Pemkab Asahan dan masyarakat. “Terimakasih kepada pejabat yang sudah berkurban. Momentum Idul Adha ini kita jadikan sebagai refleksi diri untuk berbagi dengan sesama,” katanya.

Sementara itu, informasi dihimpun, penyembelihan hewan kurban pada tahun 2018 ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. dimana tahun lalu hanya menyembelih sebanyak 110 ekor sapi, 11 ekor kambing dan 22 ekor domba.

“Alhamdulillah, penyembelihan hewan kurban tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Kita berharap dengan banyaknya hewan kurban yang disembelih setiap tahunnya maka akan banyak pula masyarakat yang menikmati dagingnya,” kata Arbin Tanjung Kabid Media Cetak dan Elektronik Dinas Kominfo Asahan.

Sebelumnya pelaksanaan Shalat Idul Adha tingkat Kabupaten Asahan dilakukan di Mesjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran. (per/rah)

USI