News

Pastikan Regulator Tak Berdesis Saat Gunakan Kompor Gas

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Prajurit Makorem 023/KS mendapat materi sosialisasi cara pencegahan kebakaran atau ledakan tabung LPG dari Koperasi Purna Karyawan Pertamina. Sosialisasi digelar di lapangan Makorem 023/KS. Pemaparan diberikan oleh Jhoni, yang merupakan Dan Team yang dihadiri oleh para Kasi Korem dan para perwira lainnya.

Dalam sosialisasinya, Jhoni menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengunaan tabung LPG. Antara lain, logo milik PT Pertamina dan masa expired atau kadaluarsa tabung. “Sebab tabung mempunyai masa yang harus diuji kelayakannya oleh Pertamina. Setiap lima tahun sekali,” kata Jhoni.

Tak hanya tabung, juga harus dilakukan pemeriksaan regulator. Dimana, regulator yang dipakai harus berkode SNI atau Standart Nasional Indonesia. “Selang harus diberi spiral agar terhindar oleh gigitan tikus ataupun tumpahan minyak,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan, konsumen harus memastikan regulator tidak berbunyi pada saat digunakan. “Pastikan regulator tidak bersuara ataupun berdesis. Serta pengunaan kunci regulator yang baik dan benar,” tegasnya.

Setelah pemaparan, juga dilakukan peragaan, cara mengatasi apabila terjadi kebakaran yang diakibatkan kebocoran pada regulator ataupun selang. Pada peserta sosialisasi juga diberikan kesempatan untuk mencoba langsung, cara mengatasi kejadian yang dapat menghanguskan seluruh barang berharga di dalam rumah.

Sebelum mengakhiri sosialisasinya, Jhoni mengingatkan kembali agar selalu waspada dan jangan lupa mengganti regulator dan selang LPG apabila sudah tidak layak lagi. (ts)