News

Pasien Covid-19 Sebanyak 226 Orang, Ruang Isolasi di Siantar Penuh

SIANTAR, FaseBerita.ID – Jumlah pasien Covid-19 di Kota Siantar per tanggal 20 Mei 2021 sudah mencapai hingga 226 orang. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Daniel Siregar saat diwawancarai wartawan, Kamis (20/5/2021) sore sekira pukul 15.30 WIB.

Dikatakan Daniel, wilayah Kota Pematang Siantar saat ini termasuk zona merah pasien Covid-19. Hal itu disebabkan beberapa hal kata dia salah satunya karena adanya penyekatan daerah baru-baru ini dan minimnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti aturan Protokol Kesehatan.

“Kita banyak mendapat pasien Covid saat dilakukan pemeriksaan di Pos PAM, bahkan ada pasien yang datang dari luar kota namun dirawat di Siantar. Kita juga sering kali menjumpai banyak masyarakat tidak memakai masker saat beraktivitas,” kata Daniel.

Dijelaskan Daniel, sampai saat ini ruang isolasi pasien Covid di Siantar hanya berkisar 80 ruangan. Diantaranya 40 kamar pasien di RSUD Djasamen Saragih Kota Pematang Siantar dan 40 kamar di RS Tentara Kota Pematang Siantar ditambah 2 ruang ICU.

“Untuk rumah sakit rujukan di siantar hanya dua, yakni RSUD Djasamen Saragih dan RS Tentara. Sementara kedua Rumah Sakit tersebut full tiap harinya,” ujar Daniel.

Untuk itu Pemerintah Kota Pematang Siantar mulai mengambil langkah baru dengan menambahkan ruang Isolasi Pasien Covid di RSUD Djasamen, yang akan di baut hingga 60-70 kamar.
“Kita akan menambah ruang isolasi di RSUD Djasamen Saragih bersamaan dengan tenaga medisnya,” pungkas Daniel.(mat/fabe)