News

Pasien Covid-19 di Paluta Dimakamkan Malam Hari

FaseBerita.ID – Seorang warga asal Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meninggal dunia terkonfirmasi Covid-19. Pria berinisial PH (47) sebelumnya menjalani perawatan intensif di RS Murni Teguh Memorial Hospital Medan.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Paluta Lairar Rusdi Nasution membenarkan adanya pasien konfirmasi Covid-19 asal Kabupaten Paluta PH (47) warga Kelurahan Pasar Gunungtua yang meninggal dunia.

Hal tersebut dipertegas Surat Keterangan Dokter Nomor: 797/RM-MTMH/SKD/I/2021 oleh dr Sahat Halim Sp PD, Dokter Penanggungjawab Pasien di RS Murni Teguh Memorial Hospital Medan.

“Dinyatakan meninggal dunia, berdasarkan Surat Keterangan Meninggal Nomor: 071/RM-MTMH/SKM/I/2021, pada Senin (18/1) pukul 07.30 WIB,” jelas Lairar, Selasa (19/1).

Lanjutnya, almarhum tidak pernah terdata sebagai pasien Konfirmasi Covid-19 pada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Paluta dan baru diketahui sebagai pasien Konfirmasi Covid-19 setelah adanya informasi dari RS Murni Teguh Memorial Hospital Medan.

Berdasarkan Surat Keterangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Paluta Nomor: 800/180/2021 yang ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paluta dr Sri Prihatin Harahap menyatakan tidak keberatan terhadap pasien dilakukan pemulasaran dan pemakaman jenazah sesuai dengan protokol Covid-19 dan dimakamkan di Kabupaten Paluta.

Ambulans yang membawa jenazah almarhum tiba di Gunungtua sekitar pukul 19.25 WIB dan dimakamkan oleh tim Satgas Penanganan Covid-19 sesuai dengan protokol Covid-19 di TPU yang berada di lingkungan VII, Kelurahan Pasar Gunungtua.

Perlu diketahui, Data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Paluta per hari Senin (18/1), untuk pasien sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Paluta sebanyak 120 orang, 1 Suspek dan 4 orang meninggal dunia. (ais/fabe)