News

Partai Pengusung Belum Bahas Nama Cawabup Asahan

KISARAN, FaseBerita.ID – Kekosongan jabatan wakil bupati (Cawabup) yang sementara dirangkap oleh Plt Bupati Asahan H Surya B Sc sementara dalam status quo.

Pasalnya sampai saat ini partai pengusung belum ada membicarakan bahkan membahas posisi wakil bupati yang naik menjadi bupati pasca meninggalnya Taufan Gama Simatupang.

“Belum ada pembahasan di internal partai kami PDI Perjuangan. Sama sekali belum ada. Kalau bisik-bisik sudah, tapi mekanismenya belum resmi sampai ke pimpinan pusat. Sebab nama yang diusul nanti bakal dilapor ke pimpinan partai di pusat. Namun sejauh ini belum ada ke situ,” kata Rosmansyah, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Asahan kepada sejumlah wartawan, Kamis (23/5).

Ia menambahkan, saat ini DPRD Asahan masih melakukan pengusulan H Surya untuk defenitif sebagai Bupati Asahan pasca paripurna yang dilakukan oleh anggota dewan. Saat ini pengajuan tersebut sudah berada di tangan Gubernur Sumatera Utara dan akan diteruskan ke Mentri Dalam Negeri.

“Artinya posisi Wakil Bupati Asahan masih dijabat Pak Surya. Pak Surya masih merangkap, ketepatan saja beliau dipercaya menjadi pelaksana tugas oleh Gubernur,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Terkait isu beredar, selama ini PDI Perjuangan ketika ditanya munculnya nama politisi muda Devanda Aditya Putra, Rosmanysah menampik kabar tersebut.

“Ah, kata siapa. Coba pelajari undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, minimal kepala daerah berusia 25 tahun. Dia (Revanda) usianya berapa,” tanya Rosmansyah kembali ke wartawan.

Terkait desas desus kabar siapa pendamping Surya saat ini, kata Rosmanyah kembali, biarlah menjadi pembicaraan masyarakat dan siapapun berhak mengidamkan sosok pimpinan masyarakat walaupun keputusannya akan ditentukan oleh partai pengusung melalui lobi-lobi politik.

Kosongnya pendamping Surya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Asahan membuat banyak masyarakat dibuat berharap pendamping Bupati yang setia menjabat dua periode bersama Taufan itu, mendapatkan sosok yang pas dan seirama agar roda pemerintahan dan pembangunan di Asahan berjalan lancar.

“Karakter Pak Surya yang memiliki perawakan kebapakan ini rasanya pantas jika beliau disandingkan dengan tokoh muda yang energik, dan memiliki semangat untuk membangun Asahan. Yang paling penting memiliki sifat religius sebagaimana ciri dan visi misi Kabupaten Asahan,” kata Zahir Gufron Siregar, Aktivis muda dari Mahasiswa Muhammadiyah saat ditanyai pendapatnya soal kriteria calon Wakil Bupati Asahan ke depan. (Per)