News

Partai NasDem Laporkan LPPDK ke KPU

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Dewan pimpinan daerah NasDem Kota Sibolga menyerahkan Laporan Penerimaan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) ke KPU Kota Sibolga, Senin (29/4).

Sekretaris DPD NasDem Sibolga Ahmad Sukri Nazri Penarik mengatakan, seluruh partai politik peserta pemilu wajib menyerahkan LPPDK dan pihak KPU sendiri sudah menyatakan bila tidak menyerahkan, keterpilihannya dapat dibatalkan.

“Laporan yang sering disebut LPPDK ini tidak diserahkan, maka keterpilihannya bisa dibatalkan. Dalam aturan peserta pemilu yang tidak menyerahkan laporan awal dana kampanye, dapat dibatalkan statusnya sebagai peserta. Sedangkan tidak menyerahkan laporan akhir tidak dapat ditetapkan keterpilihannya,” jelas Sukri.

Hal itu, sambung Sukri, sesuai dengan intruksi dari DPW yang agar hari Senin 29 April 2019 tepat pukul 10.00 WIB seluruh DPD Partai NasDem di Sumatera Utara wajib mengantarkan LPPDK ke KPU masing-masing daerah.

“Tujuan dikumpulkan laporan dana kampanye tersebut sebagai syarat bagi semua parpol dan caleg yang bersaing pada pileg tahun 2019, berdasarkan aturan PKPU nomor 7 tahun 2017. Dan aturan tersebut berlaku bagi seluruh parpol peserta pemilu,” tegasnya.

Meskipun anggaran yang dikeluarkan dari uang pribadi maupun partai, lanjutnya, namun setiap parpol dan caleg wajib melaporkan setiap penggunaan anggaran pada saat kampanye.

“Seperti pembelian baju partai, pembiayaan saksi, pengerahan massa, transportasi, tanggungan caleg dan sebagainya. Kami telah melaporkan LPPDK KPU sebagai penyelenggara sesuai dengan tahapan yang KPU keluarkan,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Sukri mengatakan, Partai NasDem Kota Sibolga memeroleh sebanyak 5 kursi di DPRD Kota Sibolga berdasarkan hitungan sementara di tingkat Kecamatan.

“Kelima kursi itu yakni sebanyak 2 kursi dari Dapil I dan 3 kursi dari Dapil II. Partai kita sendiri memeroleh suara sekitar 12 ribu sesuai hasil pleno di tingkat Kecamatan. Begitupun, kita masih menunggu hasil dari pleno KPU dan semoga hasil dari pleno kecamatan tidak ada perubahan,” imbuhnya seraya mengatakan dia optimis, partai NasDem Kota Sibolga yang diketuai Hj Delmeria Sikumbang itu menjadi partai pemenang di Sibolga.

Sukri merinci, kader NasDem Kota Sibolga yang berhasil duduk sebagai anggota DPRD menurut hitungan suara dari Dapil I yakni Obby Syaputra Hutagaol dan Rivorman Saleh Manalu. “Sedangkan dari Dapil II saya sendiri yakni Ahmad Sukri Nazri Penarik, Augustina Mariaty dan Rijondiman Sinaga,” bebernya.

Sukri menyampaikan, Partai NasDem Sibolga sangat mengapresiasi seluruh warga Kota Sibolga yang sudah membuat Partai NasDem memeroleh suara terbanyak di Kota Sibolga.

“Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Nasdem Sibolga. ini merupakan apresiasi dan prestasi yang tertinggi yang dicapai partai Nasdem. Dan kita akan mempertahakan prestasi yang sudah diraih, dengan menjaga kepercayaan serta amanah yang telah diberikan rakyat,” tandasnya. (rb)