News

Paripurna DPRD Pematangsiantar Belum Usulkan Pengangkatan Walikota Terpilih

FaseBerita.ID – Sidang Paripurna DPRD Pematangsiantar yang digelar Jumat (29/1) lalu hanya mengusulkan pengangkatan walikota Siantar terpilih, tanpa mengusulkan pemberhentian walikota Siantar saat ini.

Keluarga Alm Calon Walikota Siantar terpilih Asner Silalahi tampak hadir dalam acara sidang paripurna DPRD Kota Siantar dengan agenda Pengusulan pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar terpilih. Adapun keluarga Almarhum yang hadir yakni Juliati Sihombing (Istri Alm Asner Silalahi), didampingi dua orang anak serta saudara Alm Asner Silalahi.

Selain itu, tampak hadir Wakil Walikota Siantar Terpilih Susanti Dewayani didampingi oleh suami Rizal Ginting. Sementara itu Walikota Siantar Hefriansyah tidak hadir dan diwakili Togar Sitorus selaku Wakil Walikota Siantar.

Dalam sidang yang dipimpin oleh Timbul Lingga selaku ketua DPRD membacakan agenda sidang yakni Pengusulan pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Terpilih. Kemudian agenda kedua Pengusulan pemberhentian dan pengangkatan Walikota Pematangsiantar.

Dalam sidang tersebut terlihat ada sejumlah perdebatan diantara anggota DPRD terkait agenda Pengusulan pemberhentian dan pengangkatan Walikota Pematangsiantar.

Agenda tambahan ini apakah digelar atau tidak diparipurna bersamaan dengan agenda Pengusulan pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Terpilih, sebab masa jabatan Walikota Siantar saat ini sampai tahun 2022.

Sementara itu, pimpinan DPRD berpendapat bahwa memang agenda Pengusulan pemberhentian dan pengangkatan Walikota Pematangsiantar digelar dalam sidang paripurna selanjutnya setelah berkonsultasi dengan Kemendagri.

Karena saling menyampaikan argumen, sidang paripurna terpaksa di skor beberapa menit dengan tujuan pimpinan DPRD berembuk dulu dengan Ketua Fraksi.

Pimpinan sidang kemudian menyampaikan bahwa agenda sidang tersebut disepakati hanya agenda  Pengusulan pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Terpilih. Sementara agenda sidang Pengusulan pemberhentian dan pengangkatan Walikota Pematangsiantar akan digelar di kemudian hari.

Setelah disepakati, Sekretaris Dewan Eka Hendra kemudian membacakan surat keputusan KPU tentang penetapan pasangan calon Walikota dan Walikota Terpilih Kota Pematangsiantar pada Pilkada 9 Desember 2020 yakni Asner Silalahi-Susanti Dewayani.

Setelah SK KPU dibacakan, sebelum sidang ditutup, Pimpinan Sidang mengatakan bahwa hasil paripurna tersebut akan disampaikan ke Kemendagri. (pra/fabe)

iklan usi