News

Parapat Butuh Lahan Pemakaman Umum dan Pembuangan Sampah

FaseBerita.ID – Bupati Simalungun JR Saragih dan kepala daerah kawasan Danau Toba, Sumatera Utara menghadiri rapat koordinasi di Institut Teknologi DEL, Laguboti, Toba Samosir, Jumat (12/7/2019).

Rapat koordinasi itu dalam rangka percepatan pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba dengan mendengarkan kendala dan permasalahan di tiap daerah sekaligus sebagai upaya bersama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam memajukan pariwisata di Kawasan Danau Toba.

Pada kesempatan tersebut, JR Saragih menyampaikan permintaan lahan pemakaman umum di daerah Parapat dan tempat pembuangan akhir sampah.

Pemkab Simalungun kata JR, telah menyurati Kementerian Kehutanan guna memberikan pembebasan lahan, tetapi belum mendapat balasan.

Kepala daerah lainnya juga menyampaikan berbagai kendala di masing-masing daerah seperti infrastruktur, penataan keramba jaring apung, transportasi, promosi pariwisata yang menjadi skala prioritas.

Menko Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan berjanji akan segera berkoordinasi dengan kementerian PUPR, Pariwisata, Kehutanan dan Keuangan untuk penyelesaian setiap permohonan dari Kepala Daerah sebagai langkah awal memperbaiki kondisi pariwisata di kawasan Danau Toba.

Dia mengingatkan, dalam waktu dekat, harus sudah ada yang dikerjakan sebagai hasil dari rapat koordinasi itu dan seluruh permasalahan menjadi prioritas pertama untuk dikerjakan ke depan.

Luhut didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Mantan Menteri Pariwisata Marie Elka Pangestu. (ant/int)